Arifin Putra Andalkan Musik untuk Dalami Sebuah Peran

Kompas.com - 05/04/2019, 11:05 WIB
Aktor Arifin Putra saat promo film Mantan Manten di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/4/2019). Mantan Manten dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 April 2019 mendatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAktor Arifin Putra saat promo film Mantan Manten di Kantor Redaksi Kompas.com di Menara Kompas, Jakarta, Rabu (3/4/2019). Mantan Manten dijadwalkan tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 April 2019 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Arifin Putra mengatakan, dia mengandalkan musik untuk membantunya mendalami sebuah karakter.

Hal itu diungkapkan Arifin saat berkunjung ke redaksi Kompas.com di Menara Kompas di Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, belum lama ini.

"Untungnya kalau karakternya sangat ekstrem itu biasanya lebih gampang karena kita bisa pakai alat bantu musik," kata Arifin.

Bagi pria kelahiran 1 Mei 1987 itu, musik bisa membuatnya masuk ke dalam suasana hati yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan karakter yang sedang dia perankan.

Baca juga: Dari Nyaris Disebut Psikopat, Arifin Putra Jadi Anak Penurut

"Misalnya kita dengerin musik up beat yang temponya lebih cepat atau musik klasik, yang pelan, biasanya playlist musik bisa bikin kita masuk ke mood yang berbeda," ujar Arifin.

Selain musik, Arifin juga sering memasukkan sifat-sifat dari karakter yang diperankannya ke dalam kehidupan nyata.

"Selain itu, biasanya tergantung karakternya sih, biasa aku aku coba memasuki unsur-unsur karakternya di kehidupan nyata," ucapnya.

"Jadi pelan-pelan masuk, misalnya karakternya pendiam jadi aku coba selalu menyendiri," imbuh Arifin.

Baca juga: Arifin Putra Merasa Tragis Saat Diberi Waktu Kurang dari 2 Minggu untuk Pindah Karakter