Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Omesh: Pita Suara Saya Patah

Kompas.com - 16/04/2019, 09:49 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter Ananda Omesh mengalami masalah pada bagian pita suaranya. Menurut Omesh, masalah itu terjadi mulai Oktober 2018 lalu.

"Kalau istilahnya pemain bola itu kakinya patah. Kalau saya kan suka ngomong nah pita suara saya patah," ucap Omesh saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Senin (15/4/2019) malam.

"Istilah tepatnya vocal abuse. Jadi mengeluarkan suara yang berlebih dengan cara yang salah dan dilakukan bertahun-tahun," ujar Omesh.

Menurut suami Dian Ayu ini, penyebabnya adalah ia terlalu sering berbicara dengan suara tinggi saat memandu berbagai acara selama menjadi MC.

"Jadi sekarang saya tahu dan kenal kondisi suara saya dan harus lebih berhati-hati (berbicara dengan nada tinggi)," ungkapnya.

Baca juga: Omesh dan Istri Bebaskan Anak Berkreasi

Pria berusia 32 tahun ini mengatakan ia menjalani operasi pita suara. Setelah itu ia menjalani masa pemulihan, diikuti dengan terapi.

"Proses penyembuhannya kurang lebih 3 bulan, dari Desember, Januari, Februari saya enggak ikut shooting, saya enggak kerja sama sekali. Pulang pergi ke Singapura. Sisanya lebih banyak diam di rumah Ibu saya di Bandung," sambungnya.

Baca juga: Istri Omesh: Anak-anak Memerlukan Teknologi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com