Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulus Kurangi Penggunaan Plastik Setelah Tahu Dampaknya

Kompas.com - 22/04/2019, 19:10 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Muhammad Tulus Rusydi atau Tulus mengaku semakin giat untuk mengurangi penggunaan plastik setelah tahu bahwa dampaknya begitu berbahaya bagi lingkungan.

Hal itu disampaikan Tulus dalam jumpa pers Pameran Laut Kita di Mal Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

"Sebenarnya yang paling bikin saya semangat adalah sudah mengetahui lama kalau plastik itu sulit diuraikan tetapi sayangnya saya pribadi mengakui bahwa saya pun belum dewasa ternyata dalam penggunaan plastik," ucap Tulus.

Lantaran bahaya plastik bagi lingkungan dalam jangka panjang, pelantun "Teman Hidup" ini sekarang lebih aktif terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengampanyekan pengurangan penggunaan plastik.

Baca juga: Dian Sastro Mulai Kurangi Penggunaan Plastik demi Masa Depan Anak Cucu

"Jadi selain saya belajar banyak tentang lebih bijak menggunakan plastik dalam keseharian, yang kedua saya ikut sumbang-sumbang lah, sumbang suara dikit untuk karya (pameran) yang dibangun Felix (seniman) dan Mbak Citra," ucapnya.

Pria berusia 31 tahun ini berharap apa yang ia lakukan dapat memberi pengaruh terhadap sekitar untuk turut serta menggiatkan pengurangan penggunaan plastik.

"Saya semangat karena saya yakini ini bukan seru-seruan bersama tapi yang lebih berartinya justru bisa jadi manusia yang lebih dewasa dalam menggunakan plastik. Mudah-mudahan nanti saya bisa kasih tahu ke sekitar," imbuhnya.

Tulus sendiri menjadi salah satu orang yang terlibat dalam pameran Laut Kita yang digagas oleh seniman instalasi Felix Tjahjadi.

Selain Tulus, beberapa rekan artis lain seperti Dian Sastrowardoyo, dan Nicholas Saputra juga terlibat dalam pameran yang digelar untuk mengampanyekan bahaya plastik bagi lingkungan.

Pameran itu sendiri digelar di Function Hall Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com