Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Ramadhan, Jazz Mben Senen Dimulai Lebih Malam

Kompas.com - 05/05/2019, 16:58 WIB
Ati Kamil

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Jazz Mben Senen, kegiatan bermusik tiap Senin malam di Bentara Budaya Yogyakarta (BBY), tetap akan diadakan selama Ramadhan 1440 Hijriah.

Namun, tentunya, acara menyanyi dan main musik di panggung BBY, Jalan Suroto No 2, Kotabaru, Yogyakarta, itu dilangsungkan sesudah waktu shalat tarawih.

Sebelum Ramadhan, biasanya acara tersebut dimulai pukul 20.00 WIB.

"Tetap ada, tetapi mulainya pukul 21.00 (WIB)," ujar Praswa Jati, yang mengurus Jazz Mben Senen dari Komunitas Jazz Jogja, beberapa waktu lalu.

"Kalau masa lebaran, kami libur," sambungnya.

Baca juga: Jazz Mben Senen di Yogyakarta, Orkes Keroncong Sarasvati di Solo

Jazz Mben Senen terbuka bagi siapa saja yang ingin berekspresi di jalur musik. Kegiatan  tersebut berjalan sejak 2009 atas kerja bareng Komunitas Jazz Jogja dengan BBY.

"Kalau tidak ada yang mendaftar secara khusus melalui e-mail atau Instagram Jazz Mben Senen, mereka yang datang dan ingin tampil bisa tampil, bisa nge-jam, spontan," kata Pras suatu kali.

"Bebas, dari yang skill-nya biasa saja sampai yang sudah andal, dari yang lokal sampai yang internasional," lanjut manajer Everyday, band indie Yogyakarta, ini.

Baca juga: Senin Malam Ini Gitaris Teguh Joyosantiko Isi Panggung Jazz Mben Senen

"Kalau ada penyanyi atau pemusik luar negeri sedang main dalam acara lain di Yogyakarta dan bisa mampir ke Jazz Mben Senen, ya mereka tampil," tambahnya.

"Pokoknya, yang berani, sopan, dan bertanggung jawab, contohnya yang bisa menjaga kata-kata, bisa tampil," katanya pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com