Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbisnis, Rossa Pernah Rugi Ratusan Juta

Kompas.com - 14/06/2019, 16:41 WIB
Andika Aditia,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Sri Rossa Roslaina Handiyani atau Rossa kini mulai merambah dunia bisnis. Setelah sempat berbisnis karaoke, pelantun "Tegar" itu sekarang berbisnis kosmetik.

“Karena memang kan perempuan enggak jauh dari makeup. Kebetulan aku sudah merasa Diva Karaoke sudah enam tahun, jadi bisa mulai bisnis baru. Jadi pilihannya adalah Rossa Beauty," kata Rossa saat dijumpai dalam sebuah acara di Mal Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2019) malam.

Menurut ibu satu anak ini, konsep bisnis kosmetiknya tak hanya sekadar menjual produk tapi juga membangun jaringan dengan para perempuan yang ingin menjadi penjual produk kosmetiknya.

"Ini sebuah lini bisnis kosmetik tapi bukan cuma menjual produk tapi juga lebih kepada member encouraging human, supaya 'ayo kita sama-sama menjadi wanita mandiri yang bisa berpenghasilan tapi tetap menjdi individu keluarga,” ucapnya.

Rossa mengatakan ia merasa sudah lebih matang dalam berbisnis. Ia sudah belajar dari berbagai pengalaman, termasuk mengalami kerugian.

Perempuan 40 tahun itu mengakui selama ini cukup berhati-hati dalam menjalankan bisnisnya. Ia pun tidak mengeluarkan modal terlalu besar untuk investasi bila memulai bisnis baru.

“Saya lebih suka bisnis yang step by step, setelah kita lebih mengerti tentang bisnis ini, baru saya membesarkan lagi dan seiring jalan bisa lebih pelan-pelan tapi pasti,” paparnya.

Baca juga: Bukan Sekadar Aksesori, Perhiasan Punya Arti Lebih bagi Rossa

“Saya pernah juga mengalami kegagalan pastinya, rugi ratusan juta juga pernah, tapi pastinya ada yang bisa dipetik dari hal itu,” sambungnya.

Rossa menambahkan kerugian itu telah memberinya pengalaman baru dalam menjalani bisnis.

“Jadi setelah pernah mengalami kerugian atau kegagalan saya belajar untuk ‘oh ternyata saya harus begini, strateginya saya tuh enggak boleh begini’. Mungkin uang yang rugi itu bisa dibalikin dari bisnis lain,” imbuhnya.

Baca juga: Gelar Konser Tunggal di Jakarta, Anggun Gandeng Rossa hingga Iwa K

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com