Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bella Thorne Ungkap Perjuangannya Belajar Membaca sebagai Penderita Disleksia

Kompas.com - 29/06/2019, 15:07 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com — Bella Thorne (21) dikenal sangat jujur dan apa adanya, ia pun tampaknya tak pernah memusingkan perkataan orang, termasuk saat menceritakan rahasianya, bagaimana ia belajar membaca dan berhitung sebagai orang dengan disleksia.

Dalam sebuah wawancara dengan podcast Chicks in the Office terkait buku terbarunya yang berjudul The Life of a Wannabe Mogul: Mental Disarray, Bella mengatakan sudah pernah membahasnya di buku ketiganya.

“Saya tidak membicarakannya dalam buku ini, tetapi di buku ketiga. Itu adalah fakta bahwa saya tidak pernah belajar membaca dan saya belajar membaca dari membaca skrip,” kata Bella.

Ia juga mengatakan, dirinya mempelajari matematika dasar sendiri.

Baca juga: Alasan Bella Thorne Tak Cuci Muka di Pagi Hari

"Saya belajar menghitung dengan menghitung uang tunai ayah saya," ujarnya.

Bella memang bersekolah, tapi sekolah bukanlah tempat menyenangkan bagi anak dengan disleksia seperti Bella.

"Saya ingat ketika saya mulai masuk kelas satu. Tak butuh waktu lama, untuk membuat itu menjadi hal mengerikan bagi saya karena saya tak bisa membaca seperti anak lainnya," kenang Bella.

"Otak saya seakan mencampuradukkan huruf-huruf, seperti B, D, M, dan W, sulit sekali membedakan mereka. Disleksia berbeda pada setiap orang. Bagi saya, itu hanya membuat semakin sulit membaca dan menulis," katanya.

Saat ini Bella bahkan telah menerbitkan empat buku termasuk buku terbarunya. Tak hanya itu ia juga memiliki label rekaman.

“Saya tuli nada, dan saya sekarang memiliki label rekaman. Saya masuk ke Sony sebagai artis dan saya bisa menyanyikan cappella," katanya.

"Usia 19 tahun saya sudah membeli rumah sendiri. Saya menulis serial dan mendapatkan pemenang Oscar untuk berperan sebagai ibu saya. Saya melakukan apa yang dikatakan orang tidak mungkin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com