Menurut Raffi Ahmad, Hal Ini Jadi Penyebab Munculnya Benjolan di Leher

Kompas.com - 03/07/2019, 14:49 WIB
Artis Raffi Ahmad saat menghadiri gala dinner pernikahan Syahrini dan Reino Barrack di Four Seasons Hotel, kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2019). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAArtis Raffi Ahmad saat menghadiri gala dinner pernikahan Syahrini dan Reino Barrack di Four Seasons Hotel, kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Jumat (4/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran yang juga pembawa acara Raffi Ahmad (32) mengungkap penyebab munculnya benjolan di lehernya.

Menurut Raffi, hal itu terjadi karena ia yang terlalu memforsir penggunaan pita suaranya.

"Kayak over use, kayak dia terlalu dipaksa terus suara," kata Raffi seperti dikutip Kompas.com dari YouTube Channel Cumicumi dalam video berjudul "Hot News! Ada Benjolan dan Luka di Tenggorokan, Raffi Ahmad Sakit Apa?" pada Rabu (3/7/2019).

Ayah satu anak ini menilai jadwalnya sebagai pembawa acara yang begitu padat, membuat pita suaranya tak beristirahat.

Baca juga: Ada Benjolan di Leher, Raffi Ahmad Harus Jalani Operasi

"Mungkin dulu kan aku kerja di umur mungkin dari Dahsyat di umur 19 tahun sampai sekarang 32 tahun, sudah 10 tahun Dahsyat," kata Raffi.

"Setiap hari, pagi itu dipaksa syuting sampai jam tiga pagi dulu. Jam tujuh sudah bangun, dipaksa bawa. Jadi kayak over use," imbuhnya.

Hal ini membuat Raffi harus menjalani operasi untuk mengatasi benjolan di lehernya tersebut.

"Jadi ada keloidnya dan harus diambil. Terus pita suaranya yang bermaslah harus diapain lah itu bahasanya. Terus rehat tiga sampai enam bulan gitu baru dia balik lagi normal," ungkap Raffi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X