Kru Drama Encounter dan Hotel Del Luna Klaim Belum Dibayar Sejak Tahun Lalu

Kompas.com - 16/07/2019, 19:23 WIB
Poster drama Encounter dan drama Hotel Del Luna. SoompiPoster drama Encounter dan drama Hotel Del Luna.

KOMPAS.com – Kru dari tim Human Art drama seri Encounter dan Hotel del Luna mengklaim bahwa mereka belum dibayar hingga kini.

Pada 15 Juli 2019, seorang kru membuat postingan di komunitas online yang berjudul ‘Tim Set Hotel del Luna, Membayar 22,5 juta won atau Rp 265,9 juta'.
.
“Selama lebih dari delapan bulan, dari November lalu hingga sekarang, saya belum dibayar satu kali pun. Secara total, teman saya dan saya belum dibayar 22,5 juta won," tulis kru tersebut.

“Pada April atau Mei tahun lalu, sebelum produksi Encounter dimulai, saya mengerjakan sebuah drama web kecil dan pembayaran itu juga ditunda," tambahnya.

"Tidak sekali pun saya dibayar tepat waktu, pembayaran saya mundur terus menerus sejak November tahun lalu dan jika saya tetap bekerja, jumlah utang saya akan terus bertambah akhirnya saya memutuskan untuk berhenti," tulisnya lagi.

Kru itu mengungkapkan bahwa pada Maret lalu, mereka mengajukan petisi ke Kementerian Ketenagakerjaan dan Tenaga Kerja Korea Selatan.

CEO Human Art kemudian meminta mereka untuk membatalkan laporan, mengatakan bahwa mereka akan dibayar pada April atau Mei 2019, namun mereka tolak.

“Saya belum pernah dibayar tepat waktu, jadi saya tidak bisa mempercayai apa yang (CEO katakan) dan mengajukan petisi," kata kru tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Shooting Encounter di Kuba, Park Bo Gum Malah Teringat Fans Indonesia

Dalam percakapan antara kru itu dan CEO Human Art yang diunggah, CEO merespons dengan dingin setelah ditanya tentang pembayaran.
 
“Apakah Anda benar-benar akan membayar saya? Kapan Anda akan membayar saya? Anda mengatakan akan membayar pada Maret dan kemudian pada April. Mari kita selesaikan dengan ini kalau begitu," tulis si kru.

"Biarkan saya memberi tahumu sesuatu. Ketika kau melaporkan ini ke MOEL, kami membicarakannya melalui telepon, bukan? Saya memintamu untuk membatalkan (petisi) dan jika kau melakukannya, saya akan membayarmu penuh antara Maret dan April," balas si CEO.

“Tapi kamu bilang kamu tidak bisa membatalkannya. Jadi, inilah yang saya katakan kepada manajer. Untuk membayarmu selambat mungkin. Maaf kami tidak bisa membayarmu lebih cepat, tetapi karena kau sangat tidak kooperatif, maka kami juga tidak akan kooperatif denganmu. Itu berhasil, kan?” tambahnya.

Halaman:


Sumber Soompi
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.