Nunung dan Suami Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara karena Narkoba

Kompas.com - 22/07/2019, 15:45 WIB
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram. ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAYTersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung (depan) dan July Jan Sambiran (belakang) menangis saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7/2019). Komedian Srimulat dan suaminya itu ditangkap pihak kepolisian dengan barang bukti sabu seberat 0,36 gram.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelawak Nunung dan suaminya, July Jan Sambiran, terancam hukuman penjara lima tahun lebih karena diduga menyalahgunakan narkoba jenis sabu.

"Ini dipidana ancaman di atas lima tahun," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya, Senin (22/7/2019).

Nunung bersama suaminya dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang Undang Republik Indonesia nomor 35 atau 29 tentang Narkotika.

Selain karena ditemukannya barang bukti berupa 0,36 sabu serta perlengkapan untuk mengonsumsi sabu, bukti lainnya adalah hasil tes urine Nunung dan suaminya.

"Sudah kami lakukan tes urine dan positif metafetamin, positif sabu," ucap Argo.

Berdasarkan pengakuan Nunung, lanjut Argo, kali pertama pelawak senior itu berkenalan dengan narkotika adalah 20 tahun lalu. Saat itu, Nunung berada di Solo, Jawa Tengah, untuk mengisi acara lawak dan ia memakai ekstasi.

Baca juga: Polisi Awalnya Tak Tahu Lokasi Transaksi Narkoba adalah Rumah Nunung

Setelah itu, Nunung berhenti mengonsumsi obat terlarang tersebut. Namun tahun ini, ia malah menyentuh sabu.

"Mulai Maret ini tersangka NN (Nunung) mulai lagi menghubungi HD untuk mencarikan barang untuk digunakan. Kenapa dia mencari barang untuk digunakan? Karena menurut keterangan tersangka NN adalah karena tuntutan pekerjaan," ujar Argo.

"Artinya dengan kondisi umur, akhirnya dia menggunakan sabu untuk daya tahan tubuh. Setiap hari menggunakan, menggunakan tiap hari dan kemudian karena dia ada main sinetron dan ada kegiatan lain," tambahnya.

Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya atas dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sabu di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019) pukul 13.15 WIB.

Baca juga: Polisi: Sejak Maret 2019, Nunung Pakai Sabu Tiap Hari

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X