Pengalaman Unik Dian Sastro dengan Kisah Mahabharata

Kompas.com - 07/08/2019, 12:41 WIB
Aktris Dian Sastrowardoyo saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan CBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAAktris Dian Sastrowardoyo saat ditemui dalam jumpa pers di kawasan CBD Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (27/11/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo ternyata merupakan seorang penggemar kisah karya sastra kuno Mahabharata.

Ia mengaku sudah mulai membaca kisah perseteruan Pandawa dan Kurawa sejak SD.

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram-nya @therealdisastr, Rabu (7/8/2019), Dian mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya sedang membacakan komik Mahabharata kepada anak-anaknya.

Menurutnya, kesukaannya pada kisah Mahabharata telah membuatnya memiliki cerita dan pengalaman unik.

"Jadi ceritanya, Dian kecil yang kelas 3 SD suka banget baca komik wayang Mahabharata dan Ramayana. Khususnya Mahabharata sih.. kenapa? Karena suka banget ngafalin silsilahnya yang panjang: dari bapaknya Prabu Santanu sampai anak-anaknya para Pandawa lima," tulis Dian dalam keterangan video tersebut.

Baca juga: Kata Dian Sastro soal Lulusan UI: Gaji Pertama Gue di Bawah Rp 8 Juta

Salah satunya, kata Dian, ia menyukai nama-nama dan paras para putri Prabu Santanu yang cantik rupawan.

"Sejak itu gw berjanji pada diri sendiri kalau sampai one day gw punya anak cucu, namanya harus gw kasih nama dari pewayangan atau Sansekerta," ujar Dian.

Lalu, Dian bercerita, kisah Mahabharata juga mengiringi masa remajanya dengan para pria yang dekat padanya saat itu.

"Nah... adalah suatu ketika, pas Dian muda sudah beranjak duduk di bangku SMP, umur 13 tahun, mulai suka dideketin sama cowok.. dan biasanya suka nelpon ke rumah dan ngobrol berjam-jam," sambung Dian dalam keterangan unggahannya.

Baca juga: Dian Sastro Mulai Kurangi Penggunaan Plastik demi Masa Depan Anak Cucu

Hingga suatu ketika, Dian merasa jenuh dengan perbincangan dengan seorang teman lelakinya yang itu-itu saja.

Dian pun coba mengubah suasana, apalagi dirinya juga merasa senang ditelepon oleh teman lelakinya itu.

Dan akhirnya, Dian pun coba mengarahkan perbincangan dengan kisah Mahabharata tersebut.

Dian bercerita tentang perjalanan Prabu Santanu berburu ke dalam rimba dan menemukan permaisuri pertamanya, kelahiran Bisma yang harus bersumpah tidak akan menikah dan punya anak walaupun dia adalah putra mahkota Hastinapura, hingga sayembara Negeri Panchala untuk memenangkan putri Panchali yaitu Drupadi yang nantinya akan menjadi istri Pandawa.

Alhasil, perbincangan pun jadi menyenangkan.

"Jadi jauh lebih menyenangkan dan jauh lebih menarik dan bermanfaat, setidaknya buat guenya yah he.. he.. he..." ucapnya.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Komik Mahabaratha. Ada cerita unik tentang gue dan cerita Mahabaratha. Jadi ceritanya, Dian kecil yang kelas 3 SD suka banget baca komik wayang Mahabaratha dan Ramayana. Khususnya Mahabaratha sih.. kenapa? Karena suka banget ngafalin silsilahnya yang panjang: dari bapaknya Prabu Santanu sampai anak-anaknya para Pandawa lima. Sukaaa banget, karena buat gw putri-putrinya cantik-cantik banget, dan namanya bagus bagus????. Sejak itu gw berjanji pada diri sendiri kalo sampe one day gw punya anak cucu, namanya harus gw kasih nama dari pewayangan atau Sansekerta. . Nah... adalah suatu ketika, pas Dian muda sudah beranjak duduk di bangku SMP, umur 13 tahun, mulai suka dideketin sama cowok.. dan biasanya suka nelfon ke rumah dan ngobrol berjam-jam. Ada salah satunya, yang bener-bener membosankan. Ya ampun... itu orang boring banget!!! Gak ada bahan omongan!! Gw sampe bingung mau ngomong apa lagi dan bosen setiap kali ditelfon sama dia. Padahal gue lumayan suka sama orangnya, cuma beneran deh gw ga bisa tahan bosennya ngomongin hal hal gak penting dan gak menarik. . Akhirnya, jalan keluarnya adalah: Dian muda mulai mendongeng kisah Mahabaratha itu. Mulai dari perjalanan prabu Santanu berburu ke dalam rimba dan menemukan permaisuri pertamanya, kelahiran Bisma yang harus bersumpah tidak akan menikah dan punya anak walaupun dia adalah putra mahkota Hastinapura, sampai sayembara negeri Panchala untuk memenangkan putri Panchali yaitu Drupadi yang nantinya akan menjadi istri Pandawa. . Alhasil, pembicaraan ditelfon itu jadi jauh lebih menyenangkan dan jauh lebih menarik dan bermanfaat, setidaknya buat gue nya yah???? he.. he.. he... dan mudah-mudahan sih cowok itu jadi agak bertambah wawasannya, akibat kemurahan hatiku.. hihihiii...???????????????????????????????????? . Kalo kalian punya cerita lucu tentang gebetan jaman sekolah dulu nggak? Ada yg berkaitan dengan buku cerita atau dongeng mungkin??

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dian Sastrowardoyo (@therealdisastr) pada 6 Agu 2019 jam 8:02 PDT

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X