Rosana, Album Persembahan Cinta Iwan Fals untuk Sang Istri...

Kompas.com - 15/08/2019, 15:44 WIB
Iwan Fals diwawancara eksklusif oleh Kompas.com di Menara Telkomsel. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018). KOMPAS.com/ANDIKA ADITIAIwan Fals diwawancara eksklusif oleh Kompas.com di Menara Telkomsel. Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Iwan Fals akhirnya merilis album untuk istri tercintanya, Rosana alias Mbak Yos.

Pada April 2019, Iwan Fals meluncurkan Album Rosana yang menjadi albumnya yang ke-39.

Sesungguhnya, lagu bernuansa cinta keluarga yang dibuat Iwan Fals ini bukanlah yang kali pertama.

Pada 1982, Iwan merilis lagu berjudul nama putra sulungnya, mendiang Galang Rambu Anarki yang ada dalam album Opini.

Baca juga: Iwan Fals dan Once Kobarkan Rasa Kebangsaan dalam Premiere Perburuan dan Bumi Manusia

Kemudian, ada album Cikal (1991) yang dipersembahkan untuk putrinya, Annisa Cikal Rambu Basae, dan album berjudul Raya (2019) yang merupakan nama anak bungsunya, Raya Rambu Robbani.

Mantan jurnalis musik yang beralih menjadi artis peran, Soleh Solihun membahas album tersebut pada akun Instagram-nya, @solehsolihun.

Soleh mengatakan, ia cukup terkejut Iwan menulis lagu tentang istrinya. Semua lagu memiliki rangkaian tentang kisah cinta Iwan Fals kepada Rosana.

Baca juga: Takut Dipenjara, Iwan Fals Sembunyi-sembunyi Baca Novel Bumi Manusia

"Album paling romantis yang pernah dibuat Iwan Fals. Dia tak hanya bernyanyi soal rasa cinta, tapi juga harapan, catatan, dan refleksi akan hubungannya dengan sang istri," kata Soleh yang dikutip Kompas.com, Kamis (15/8/2019).

Dalam wawancara dengan Kompas.com beberapa waktu lalu, Iwan mengatakan, album tersebut dibuat setelah ada desakan dari anak-anaknya.

"Soalnya diprotes sama anak-anak, kenapa bikin lagu buat Galang, Cikal, Raya, tetapi enggak bikin buat mamanya," ujar Iwan Fals.

Baca juga: Iwan Fals Merasa Beruntung Masih Diapresiasi di Industri Musik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

“Aku tak pandai merayu,” kata @iwanfals di lagu “Dasar Jodoh” yang ada di album terbarunya, “Rosana.” Rasanya tak percaya mendengar kalimat itu setelah bertahun-tahun mendengar Iwan Fals menyanyikan lagu cinta yang tak sedikit berisi rayuan. Album ini, seperti judulnya, memang bercerita tentang Iwan dan istrinya, Rosana, yang akrab disapa Yos. Baru kali ini Iwan menulis lagu tentang istrinya, padahal ketiga anaknya sudah duluan dibuatkan lagu. Jika di album “Cikal”, yang secara khusus bicara soal Cikal hanya satu lagu (setidaknya menurut interpretasi saya), di album ini, semuanya bercerita tentang Rosana. Album paling romantis yang pernah dibuat Iwan Fals. Dia tak hanya bernyanyi soal rasa cinta tapi juga harapan, catatan dan refleksi akan hubungannya dengan sang istri. Iwan cerita soal masa ketika dia masih gemetar ketika memegang tangan Yos, masa ketika nekat melamarnya padahal modalnya cuma gitar dan lagu hingga masa kini, masa ketika tau-tau anak paling kecilnya sudah berkumis. Lirik paling manis tentu saja dia tulis di lagu “Rosana” : “Rosana, Rosana nama yang sederhana... Aku jatuh cinta padanya setiap saat.” Album yang direkam live ini juga berisi perkenalan Iwan tentang semua lagu-lagunya sehingga memberi kesan sedang menonton langsung pertunjukannya yang digelar intim. Jika di album-album sebelumnya kita tak pernah tahu lagu-lagu cinta yang Iwan nyanyikan itu tentang siapa, akhirnya di 11 lagu di sini kita tahu sosoknya. Itu pula yang membuat album ini jadi begitu istimewa. Kekurangan kecilnya sih cuma satu: boxset ini tak memberikan opsi album dalam bentuk CD atau kaset. Cuma ada format USB. Ah seandainya saja selain USB, ada kaset atau CD. Kasihan yang tak punya CD player yang ada opsi colokan USB sehingga harus memutarnya di komputer. Kata @erixsoekamti dari @belialbumfisik sih, mindset saya yang harus diubah ketika bicara rilisan fisik (pagi-pagi saya sudah berdebat dengan dia di Whatsapp soal ini. Haha). Jangan cuma ke bentuk kaset, CD, atau vinyl. Dan saya tak bisa protes lagi pada Erix, setelah tahu bahwa ide cuma memberi USB ini datang dari Iwan sendiri. Kalo Iwan Fals sudah bersabda, saya bisa bilang apa? Hehe.

A post shared by Soleh Solihun (@solehsolihun) on Aug 11, 2019 at 8:25pm PDT

Iwan mengatakan, sebagian besar lagu yang terdapat dalam album tersebut dibuat selama ia menjalani proses penyembuhan setelah mengalami cedera di bagian lengan kiri pada Mei 2018. 

Namun, khusus untuk lagu "Rosana", Iwan sudah mempersembahkannya sejak Oktober 2018, bertepatan dengan ulang tahun sang istri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X