Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Rich Brian Lebih Berani Bermusik di Amerika daripada Indonesia

Kompas.com - 19/08/2019, 13:08 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap asal Indonesia, Rich Brian, mengakui bahwa kultur Amerika Serikat mengubah pandangan hidupnya.

Brian tinggal di AS karena memilih berkarier di industri musik negeri Paman Sam tersebut.

Saat berbincang dengan Kompas.com di Gudang Gambar, Cipete, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Brian mengatakan, ia banyak belajar tentang bagaimana agar berani dan cara mengambil sikap.

"Sejak saya tur di AS saya belajar... Ada orang-orang yang lebih konfrontatif. Kayak kalau enggak suka apa (sesuatu) langsung ngomong," kata Brian.

Baca juga: Warganet Kaget, Rich Brian Boyong Ojek Online di Video Klip 100 Degrees

Saat tinggal di Indonesia, Brian mengaku tidak terlalu berani untuk mengungkap akan suatu hal yang mengganjal. Brian berujar, sopan santun amat dijunjung tinggi sekali di Indonesia.

Celakanya, Brian kadang salah menafsirkannya.

"Saya kalau di Indonesia itu diajarinnya sopan santun, kayak kurang berani kalau ngomong ada apa gitu. Kadang-kadang kurang berani ngomong, kayak dipendam," kata Brian.

Namun, Brian mulai memberanikan diri untuk mengambil sikap. Ia tidak mau kelemahannya tersebut menjadi benalu untuk karier ke depannya.

Baca juga: Rich Brian Bermain Kata-kata Lewat The Sailor

Hal itu terjadi dari pengalaman Brian selama menjalani tur musiknya di sejumlah kota-kota besar di AS. Misalnya, kata Brian, saat selesai tur di salah satu kota, pastinya tim akan melakukan evaluasi.

Dalam evaluasi tersebut, kata Brian, keterbukaan antara kru, manajemen, hingga para artis benar-benar membuat pandangannya menjadi terbuka. Mereka, kata Brian, bisa berkata apa saja demi kebaikan ke depannya.

"Kayak argumen sama orang-orang lain. Lihat itu kayak membuka mata banget. Ini kultur beda banget sama di Indonesia. Kayaknya orang-orang di sana lebih... Menurut saya sih yang saya ambil dari sisi positifnya selama perjalanan saya di AS, orang-orang berani untuk menjadi diri sendiri," sambung Brian.

Baca juga: Cerita Rich Brian Bertemu Jokowi di Istana Bogor

"Saya melihat banyak orang yang enggak takut di-judge sama orang lain. Orang-orang di sana (Amerika) lebih berani," kata Rich Brian. 

Cerita Rich Brian awal meniti karier di Amerika

Rapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA Rapper Rich Brian dalam pameran The Sailor Experience di Gudang Gambar, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).
Masih dalam wawancara eksklusif bersama Kompas.com, Rapper Rich Brian mengaku sempat bingung ketika dirinya baru pertama kali menginjakkan kaki di Amerika untuk meniti karier.

"Pertama kali datang ke Amerika aku hanya bisa menerkanya di kepalaku seperti apa, aku benar-benar tidak tahu akan seperti apa," ucap Rich Brian.

Namun, semua keraguannya itu perlahan sirna setelah banyak orang mengapresiasi karya-karyanya.

Baca juga: Rich Brian yang Masih Penasaran dengan Presiden Jokowi...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com