Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Makmum Dapat Protes, Ali Syakieb Beri Tanggapan

Kompas.com - 22/08/2019, 14:47 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal muncul rencana mengadaptasi film pendek Makmum ke layar lebar, kontroversi sudah menyelimuti proyek itu.

Beberapa orang menganggap film ini membuat orang takut shalat sendiri pada malam hari. 

Artis peran Ali Syakieb yang berperan sebagai Ustadz Ganda dalam film tersebut mengaku sudah siap sejak awal dengan komentar seperti itu.

"Kalau dilihat secara keseluruhan, film ini justru mengajarkan kita untuk shalat dengan khusyuk. Kalau sudah takbir harus konsentrasi," kata Ali dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/8/2019).

"Jangan berfikir macam-macam agar tidak diganggu oleh apa pun termasuk jin setan atau sejenisnya. Tujuan mereka kan, jelas, menggoda manusia dengan berbagai cara," sambungnya.

Protes terhadap film Makmum, lanjut Ali, terjadi ketika seseorang tidak menyaksikan film ini secara utuh.

“Makanya jangan lihat trailer-nya saja. Mesti lihat film secara utuh biar maksud dan cerita filmnya tidak terpotong,” kata dia.

Meski ada kontroversi demikian, Ali bersyukur bahwa antusias penonton cukup tinggi terhadap film Makmum.

Baca juga: Film Makmum Tambah Layar di Bioskop, Titi Kamal: Antusiasmenya Luar Biasa

Sejak tayang pada 15 Agustus 2019 kemarin, dilansir dari laman filmindonesia.or.id, Makmum sudah meraup 243.963 penonton.

Bahkan di Malaysia, penonton film ini sudah menghasilkan 1,8 juta ringgit Malaysia atau Rp 6,1 miliar dalam empat hari penayangannya.

Dalam versi film bioskop, Makmum bercerita tentang seorang ibu bernama Ibu Kinanti (Jajang C Noer) yang sudah merasa renta dan tak sanggup lagi mengurusi asrama.

Ia pun lantas mengajak Rini (Titi Kamal) yang merupakan alumni dari asrama untuk pulang dan membantunya mengurus asrama.

Pekerjaan Rini sebagai pengurus jenazah harus ia tinggalkan demi mengurus asrama.

Awalnya, semuanya biasa saja. Namun, tiga orang murid mengaku kerap diganggu oleh sesosok makhluk halus yang membuat mereka tak bisa hidup tenang.

Dalam trailer diperlihatkan makhluk halus tersebut selalu turut mengucapkan bacaan shalat yang dilantunkan.

Selain Titi Kamal dan Jajang C Noer, film produksi Dee Company yang diproduseri Dheeraj Kalwani ini juga turut diperankan oleh Tissa Biani, Bianca Hello, Adila Fitri, dan Ali Syakieb.

Baca juga: Awalnya Takut, Ini Alasan Titi Kamal Mau Terima Bermain di Film Makmum

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com