Suami Dian Sastro Awalnya Tak Percaya Putranya Idap Autisme

Kompas.com - 23/08/2019, 20:16 WIB
Dian Sastrowardoyo berpose ketika mempromosikan film Aruna dan Lidahnya di kantor redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018). Kompas.com/Tri Susanto SetiawanDian Sastrowardoyo berpose ketika mempromosikan film Aruna dan Lidahnya di kantor redaksi Kompas.com, Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dian Sastrowardoyo mengatakan bahwa suaminya, Maulana Indraguna Sutowo, sempat menyangkal bahwa putra sulung mereka, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, didiagnosis mengidap autisme.

Meski tak mendapat dukungan dari suami, Dian tetap memberikan terapi untuk putranya tersebut.

"Saya tetap kekeh buat terapi-terapi itu karena terus terang suami saya enggak support," ujar Dian saat ditemui di Special Kids Expo (SPEKIX) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Centre, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Dia merasa anak kami enggak masalah dan saya kekeh saja sama insting ibu-ibu, ya kita kasih aja terapi itu. Tahun-tahun awal, ciri-ciri autisme di anak saya kental banget," tambahnya.

Karena keyakinan Dian untuk terus memberikan terapi bagi putranya, anak sulungnya itu kini akhirnya sudah bisa bersosialisasi dengan normal.

"Dengan semua pengorbanannya, tapi alhamdulillah sekarang semuanya pay off (terbayar)," kata Dian.

"Jadi semua ternyata ada hasilnya. Anak saya sekarang sudah tidak begitu dan alhamdulillah normal 100 persen layaknya berperilaku seperti anak normal lain," ujarnya lagi.

Untuk itu, Dian menghimbau pada semua ibu agar percaya pada instingnya dan memeriksakan anak mereka pada ahli bila memiliki tanda-tanda autisme.

"Dan itu saya lumayan sad story karena enggak semua anak ceritanya sesukses saya. Ada juga anak yang early intervension dan hasilnya enggak secepat saya. Saya tuh dari umur 8 bulan sekarang umur 6 tahun lepas terapi semua sama sekali," ujar Dian.

"Dan itukan berarti cuma lima tahun saya gencar melakukan intervensi. Tapi mungkin anak lain ya beda-beda gitu. Ada yang mungkin enggak secepat itu ada yang lebih cepat," imbuhnya.

Baca juga: Alasan Nicholas Saputra Dipilih Perankan Aquanus dan Dian Sastro Jadi Dewi Api

Pengakuan Dian Sastro

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X