Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Berliku Tommy Kurniawan Jadi Anggota DPR, Gagal 3 kali hingga Dapil Neraka

Kompas.com - 02/10/2019, 13:28 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis sinetron Tommy Kurniawan akhirnya menjadi anggota DPR RI setelah melalui jalan berliku dan panjang. Tommy maju dari Partai Kebangkitan Bangsa dapil V Jawa Barat.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat, Syaiful Huda, Tommy sebelumnya sudah tiga kali gagal melaju ke parlemen sampai akhirnya berhasil.

"Tommy sudah tiga kali nyalon. Ini pertama kalinya dia berhasil jadi anggota DPR RI," ucap Syaiful via telepon, Selasa (15/5/2019).

Lalu, bagaimana Tommy menyikapi keberhasilannya ini?

Tommy mengaku bersyukur akhirnya terpilih sebagai anggota DPR RI 2019-2024 lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Baca juga: Pernah Gagal dan Kini Masuk DPR RI, Tommy Kurniawan: Buah Kesabaran

"Tentunya sangat senang dan ini perjuangan yang sudah lama sekali. Ini buah dari kesabaran saya," ujar Tommy di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Pada Pileg 2019 ini, Tommy terpilih menjadi anggota DPR RI setelah mendulang 33.988 suara lewat Dapil V Jawa Barat melalui PKB.

Sebelumnya, Tommy pernah gagal menjadi anggota DPR RI pada Pileg 2014. Saat itu, Tommy maju lewat Dapil Banten III melalui PKB.

Ia berjanji akan amanah menjalankan tugas-tugasnya sebagai anggota dewan.

"Semoga bisa mendengarkan aspirasi dari masyarakat khususnya di Dapil saya di Bogor. Di sana saya akan memberikan perhatian yang lebih," kata Tommy.

Baca juga: Usai Dilantik Jadi Anggota DPR, Tommy Kurniawan Langsung Ditodong Anaknya

Setelah gagal di Pileg 2014, Tommy Kurniawan bekerja sebagai staf khusus bidang olahraga saat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dijabat Imam Nahrawi.

Lolos dalam Pileg 2019, Tommy Kurniawan mampu mengalahkan caleg pesohor lainnya lewat Dapil Jawa Barat V yang meliputi Kabupaten Bogor.

Mereka adalah politisi pendatang baru, seperti Sahrul Gunawan (Nasdem), Ravindra Airlangga (Golkar), Ferdinand Hutahean (Demokrat), dan Faldo Maldini (PAN).

Uniknya, dapil Tommy ini disebut-sebut sebagai dapil neraka.

Ke depan, ia akan fokus memperjuangkan kepentingan masyarakat Bogor melalui Komisi X di bidang, pendidikan, olahraga dan sejarah.

Baca juga: Tommy Kurniawan Terjebak 2,5 Jam di Mal akibat Demonstran Rusuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com