Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahirkan Janin yang Sudah Meninggal, Irish Bella Tak Kuasa Lihat Bayi Kembarnya

Kompas.com - 07/10/2019, 17:34 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Irish Bella harus menjalani operasi caesar setelah bayi kembarnya dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (6/10/2019) pagi.

"(Dilahirkan) secara caesar," kata dokter Gatot Abdurrazak, Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Fetomaternal yang menangani Irish Bella, dalam jumpa pers di Rumah Sakit Harapan Kita, Grogol, Jakarta Barat, Senin (7/10/2019).

Gatot menambahkan, begitu kedua janin tersebut lahir, Irish sempat tak kuasa melihat putri kembarnya yang sudah tak bernyawa.

"Dia enggak mau lihat bayinya. Mungkin karena sedih. Pas beberapa waktu, baru mau lihat," ujar Gatot.

Sebelumnya, tim dokter yang menangani Irish membeberkan penyebab meninggalnya bayi kembar yang dikandung oleh bintang sinetron Cinta Suci itu.

Baca juga: Dokter Beberkan Penyebab Bayi Kembar Irish Bella Meninggal Dunia

Menurut dokter, salah satu janin bintang sinetron Cinta Suci ini mengalami kondisi Twin-to-twin transfusion syndrome (TTTS).

Artinya, perubahan sistem pembuluh darah salah satu janin yang berdampak pada janin yang satu lagi.

TTTS bisa mengakibatkan komplikasi ke ibu, salah satunya Mirror Syndrome yang merupakan keadaan saat janin mengalami hydrops (bengkak seluruh tubuh) yang menyebabkan ibu juga mengalami kondisi yang sama.

Namun pada ibu, kondisi ini bisa disertai preeklamsia atau toxemia kehamilan, kelainan atau gangguan progresif yang ditandai kehadiran protein dalam urine serta tingginya tekanan darah.

Bayi kembar Irish dinyatakan meninggal dalam usia 27 pekan dan jenazahnya dimakamkan oleh Ammar sendiri di TPU Kalimulya 1 Depok, Jawa Barat, pada Minggu malam.

Baca juga: Bayi Kembar Irish Bella Meninggal Dunia Saat di Dalam Kandungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com