Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Taeyeon, Member SNSD yang Sukses Bersolo Karier

Kompas.com - 13/03/2020, 17:07 WIB
Azizah Pamugarwati,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kim Tae-yeon yang lebih dikenal dengan nama panggilan Taeyeon adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan.

Setelah menjalani masa trainee selama tiga tahun, pada 2007 di bawah naungan agensi SM Entertaiment Taeyon berhasil debut bersama Girl’s Generation atau yang juga dikenal dengan nama singkatannya SNSD atau Soshi.

Kala itu debut bersama SNSD melalui singel berjudul Into the New World yang berhasil melejitkan namanya.

Baca juga: Ucapkan Terima Kasih, Taeyeon SNSD Bagikan Kenangan dengan Sang Ayah

Selain beraktivitas bersama SNSD, Taeyeon juga merintis kariernya sebagai penyanyi solo.

Wanita kelahiran 9 Maret 1989 ini berhasil meraih populartitasnya melalui berbagai soundtrack drama. Salah satunya adalah drama berjudul Hong Gil Dong (2008) dengan judul lagu “If”dan drama Beethoven Virus (2009) dengan judul lagu “Can You Hear Me”.

Kesuksesannya di dunia tarik suara, berhasil membuatnya telah menelurkan sejumlah album dan puluhan singel solo maupun duet.

Baca juga: Kenang Sang Ayah, Taeyeon SNSD Berjanji Hidup Lebih Baik

Dengan suaranya yang merdu dan khas, Taeyeon juga kerap menjadi pengisi suara untuk beberapa film, salah satunya adalah dalam film animasi berjudul Dispicable Me dengan suara versi Korea.

Selain itu ia juga tampil di beberapa reality show seperti Daily Taeng9cam, dan tampil di beberapa video klip salah satunya di lagu berjudul “Seoul” (2011) dari Super Junior.

Baru-baru ini ia juga menyanyikan lagu "Into the Unknown" dari film Frozen 2, dengan versi Bahasa Korea yang diunggah pada kanal YouTube disneymusicasiaVEVO pada (15/11/2019).

Berbagai penghargaan juga telah ia dapatkan, salah satunya adalah sebagai Artis Wanita Terbaik di Mnet Asia Musik Award 206.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com