Kompas.com - 17/03/2020, 15:15 WIB
Anggun saat tampil dalam konser David Foster di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Rabu Kamis (22/03/2018). Konser bertajuk Hitman David Foster And Friends ini menggandeng sejumlah penyanyi Internasional dan Indonesia yaitu Brian McKnight, Anggun, Yura Yunita, Sandhy Sandoro dan Dira Sugandi. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIAnggun saat tampil dalam konser David Foster di Dyandra Convention Center, Surabaya, Jawa Timur, Rabu Kamis (22/03/2018). Konser bertajuk Hitman David Foster And Friends ini menggandeng sejumlah penyanyi Internasional dan Indonesia yaitu Brian McKnight, Anggun, Yura Yunita, Sandhy Sandoro dan Dira Sugandi.

JAKARTA, KOMPAS.comAnggun Cipta Sasmi yang kerap disapa dengan panggilan Anggun atau Anggun C Sasmi adalah seorang penyanyi asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya sejak tahun 1986.

Putri sulung dari pasangan Darto Singo dan Dien Herdina ini sudah memiliki darah seni dari orang tuanya. Sejak kecil Anggun telah belajar berbagai teknik vokal dan belajar alat musik.

Baca juga: Selamat! Anggun Raih Penghargaan Asian Television Awards

Ia pun kerap tampil di panggung, meski imbalan yang diberikan hanya dengan nasi bungkus. Di usia sembilan tahun ia pun sudah mulai menciptakan lagu-lagu sendiri.

Hingga di tahun 1986 akhirnya ia merilis sebuah album rock perdana yang bertajuk Dunia Aku Punya yang diproduseri oleh gitaris terkenal Indonesia Ian Antono. Namun album itu belum mampu mengangkat namanya.

Di tahun 1989 akhirnya ia merilis singel berjudul “Mimpi” yang berhasil melejit di industri musik Tanah Air.

Baca juga: Anggun Kenang Ria Irawan, Pernah Dibuatkan Video Musik hingga Diajari Memasak

 

Anggun pun merilis sederet singel yang membuatnya berhasil meraih kesuksesan seperti “Tua Tua Keladi”, “Takut”, “Nafas Cinta”, dan lainnya.

Berkat singel itu juga wanita kelahiran 19 April 1974 ini dianugerahi oleh Majalah Popular sebagai Artis Indonesia Terpopuler 1990 hingga 1991.

Di tahun 1994 Anggun meninggalkan Indonesia dan hijrah ke Eropa.

Baca juga: Terinspirasi Anggun C Sasmi, Roy Kiyoshi Juga Ingin Go International

Ia mengawali karier internasionalnya dengan bimbingan seorang produser Erick Benzi. Anggun kemudian merilis album bertajuk Snow on the Sahara (1997) yang berhasil merambah ke 33 negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.