Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Kang Ha Neul, Aktor Terbaik Baeksang Arts Awards 2020

Kompas.com - 06/06/2020, 17:03 WIB
Firda Janati,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktor Korea Selatan, Kang Ha Neul, berhasil menyabet penghargaan Aktor Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-56 pada Jumat (5/6/2020).

Kang Ha Neul mengawali karier dengan debut sebagai aktor di teater musikal Trill Me pada 2010.

Selain Trill Me, ia juga menjadi aktor teater berjudul Prize Puzzle pada 2010, Black Mary Poppins pada 2012 dan Assassins 2012.

Baca juga: Sebelum Wamil, Kang Ha Neul Minta Teman-teman Mencukur Rambutnya

Karena kepiawaian aktingnya, Kang Ha Neul mulai mendapatkan tawaran berakting di layar kaca televisi.

Ia mulai membintangi drama televisi To The Beautiful You pada 2012, The Heirs pada 2013 dan Misaeng: Incomplete Life pada 2014.

Namanya semakin dikenal dan membuat aktor berusia 39 tahun ini terjun ke dunia layar lebar. 

Baca juga: Kang Ha Neul Tulis Pesan untuk Kim Woo Bin yang Terkena Kanker

Kang Ha Neul membintangi film pertamanya bertemakan sejarah biografi hitam putih berjudul Dongju: The Portrait of a Poet pada 2016.

Ia juga muncul dalam film komedi romantis Like for Likes, berperan sebagai penulis lagu yang masih muda dan menderita cacat pendengaran.

Di tahun yang sama, Kang Ha Neul membintangi drama popular yang dibintangi IU berjudul Moon Lovers, berperan sebagai pangeran ke-8, Wang Wook.

Setahun setelahnya, ia membintangi dua film berjudul New Trial dan film komedi aksi bersama Park Seo Joon, Midnight Runners.

Setelah menyelesaikan wajib militernya tahun lalu, Kang Ha Neul kembali ke industri hiburan dengan membintangi drama When The Camellia Blooms bersama aktris Gong Hyo Jin.

Aktor kelahiran 21 Februari 1990 ini diangkat menjadi duta kehormatan Administrasi Tenaga Kerja Militer (Military Manpower Administration/MMA) pada 2019.

Selama 14 tahun berkarier di industri hiburan Korea Selatan, Kang Ha Neul telah membintangi 13 film dan 14 drama televisi.

Penghargaan yang ia dapat antara lain, Korean Film Actors' Guild Awards sebagai Aktor Baru Terbaik berkat film Twenty pada 2015.

Kemudian penghargaan 15th Korea World Youth Film Festival sebagai Aktor Favorit berkat film Twenty pada 2015.

Untuk pertama kalinya, Kang Ha Neul berhasil menjadi Aktor Terbaik di Baeksang Arts Awards 2020 lewat drama When The Camellia Blooms mengalahkan aktor Hyun Bin, Park Seo Joon, Ju Ji Hoon, dan Nam Koong Min.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com