Menikmati K-Drama dan Memahami Diplomasi Budaya Korea Selatan

Kompas.com - 20/03/2021, 20:17 WIB
Love Alarm 2 NetflixLove Alarm 2

SETELAH menanti selama lebih dari 20 purnama, penggemar drama Korea atau K-Drama di Indonesia akhirnya tahu siapa tambatan hati Kim Jo-jo (diperankan oleh Kim So-hyun), tokoh utama dalam drama televisi Love Alarm 2 yang tayang pada 12 Maret.

Cinta segitiga antara Kim Jo-jo, Hwang Sun-oh (Song Kang), dan Lee Hye-yeong (Jung Ga-ram) dalam Love Alarm 2 mengingatkan saya akan cinta segitiga antara Doel (Rano Karno), Sarah (Cornelia Agatha), dan Zaenab (Maudy Koesnaedy) dalam drama Si Doel Anak Sekolahan.

Jika seandainya memiliki aplikasi deteksi cinta Love Alarm, Doel mungkin akan memilih meninggalkan Zaenab demi mempertahankan pernikahannya dengan Sarah.

Baca juga: Sinopsis Drakor Love Alarm 2, Siap Tayang 12 Maret di Netflix

Tidak seperti Si Doel Anak Sekolahan, Love Alarm 2 mengajak kita menyaksikan kegigihan tokoh utama perempuan dalam meraih kemerdekaan ekonomi dan kesetaraan gender di tengah sistem yang patriarkal.

Meskipun masih dipandang sebelah mata oleh sejumlah pihak di Indonesia, K-Drama telah digunakan oleh pemerintah Korea Selatan sebagi instrumen diplomasi budaya selama lebih dari dua dasawarsa untuk memperluas pengaruhnya di Tanah Air dan mempererat hubungan persahabatan bilateralnya dengan Indonesia.

Sejarah K-Drama

Seperti Si Doel Anak Sekolahan, Love Alarm 2 juga membelah penonton menjadi dua kubu: pendukung Sun-oh dan pendukung Hye-yeong. Meskipun pilihan Kim Jo-jo mengecewakan salah satu kubu, drama produksi Netflix ini tetap disukai pecinta K-Drama di Indonesia di masa pagebluk Covid-19 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Poster film Si Doel The Movie 2 (2019). Tayang di Netflix.Falcon Pictures Poster film Si Doel The Movie 2 (2019). Tayang di Netflix.

Setelah pandemi Covid-19 muncul, jumlah penonton K-Drama di Indonesia dan jumlah durasi menonton K-Drama justru meningkat. Bagi sebagian masyarakat yang memiliki privilese bekerja dari rumah, K-Drama menjadi pilihan untuk mengusir kejenuhan dan memanfaatkan waktu luang.

Baca juga: Sinopsis Si Doel The Movie 2, Kebimbangan Hati Zaenab, Tayang di Netflix

Menurut hasil survei Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 16 Agustus 2020, sebanyak 91,1 persen dari 924 responden di 28 kota di Indonesia mengaku menonton K-drama selama pandemi, meningkat dari 87,8 persen sebelum masa pandemi.

Menurut survei LIPI, rata-rata waktu yang digunakan untuk menonton drama Korea juga meningkat dari 2,7 jam per hari sebelum pandemi menjadi 4,6 jam per hari semasa pandemi.

Di Indonesia, drama televisi Korea mulai menarik perhatian masyarakat pada tahun 2002 setelah stasiun TV menayangkan Autumn in My Heart yang dibintangi oleh Song Hye-kyo dan Winter Sonata yang dibintangi oleh Choi Ji-woo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.