Kompas.com - 24/03/2021, 19:42 WIB
Ayu Azhari saat dijumpai dalam acara ‘Khadijah Coffee for Wisdom by Ayu Azhari di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020). KOMPAS.com/Revi C Rantung Ayu Azhari saat dijumpai dalam acara ‘Khadijah Coffee for Wisdom by Ayu Azhari di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (29/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Ayu Azhari menyatakan siap bila ditunjuk sebagai duta tenun Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ayu mengatakan NTT memiliki nilai budaya yang tinggi, termasuk peredaran tenun di Indonesia.

"NTT memiliki budaya tinggi yang tercermin dalam produk tenun. Jadi, NTT adalah pusat peradaban tenun di Indonesia. Saya siap menjadi duta budaya mempromosikan karya tenun Nusa Tenggara Timur," tegas Ayu kepada awal media dalam talk show Exotic Tenun Fest bersama istri Gubernur NTT Victor Laiskodat, Julie Sutrisno, belum lama ini.

Alasan pemilik nama lahir Ayu Khadijah Azhari itu memberikan diri karena ia memiliki ketertarikan yang lebih terhadap budaya menenun sejak dulu.

Dia mengaku, sudah sering terlibat dalam program mempromosikan budaya tenun ke mancanegara, salah satunya seperti London, Inggris.

"Saya sendiri punya bentuk kepedulian tersendiri soal tenunan ini. Saat tenun NTT jadi berita nasional sejak satu dekade lalu, saya turut serta mempromosikan sampai ke kota-kota penting mancanegara," ungkap Ayu.

Oleh karena itu, peraih Piala Citra Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam film Dua Kekasih (1990) itu mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya yang telah ada sejak dulu.

"Sudah waktunya kita promosikan produk dan karya yang bervisi etnik seperti tenunan ini. Saya tahu, tenunan lokal banyak digemari turis-turis mancanegara karena enak dipakai, baik dalam bentuk sarung, baju, topi, dan bentuk lainnya," ujar Ayu.

Dia juga berharap pemerintah turut mendorong kualitas produk untuk bisa bersaing serta unggul dalam ekspor mancanegara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X