BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan

Virtual Exhibition, Hasil Pemanfaatan Teknologi Internet dalam Dunia Seni Hiburan

Kompas.com - 23/04/2021, 16:38 WIB
Ilustrasi menghadiri virtual exhibition. iStock/ mustafagullIlustrasi menghadiri virtual exhibition.
|

KOMPAS.comInternet membawa pengaruh besar pada kehidupan manusia. Pemanfaatan teknologi tersebut dalam kegiatan sehari-hari juga memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya.

Dalam hal telekomunikasi seluler, misalnya. Selain hemat biaya, kehadiran internet juga membuat cara berkomunikasi semakin bervariasi. Sebut saja voice call, video call, email, pesan teks (SMS), chat, hingga pesan multimedia, seperti gambar, video, ataupun audio.

Internet juga memfasilitasi orang dalam memenuhi kebutuhan esensial, yaitu makan. Jika tak sempat memasak, makanan bisa dipesan secara online. Begitu juga saat hendak berbelanja. Tanpa perlu keluar rumah, keperluan tersebut bisa terpenuhi berkat pemanfaatan situs e-commerce.

Pun, dengan urusan perbankan. Lewat internet banking, nasabah tak perlu repot ke anjungan tunai mandiri (ATM) saat ingin melakukan transfer uang, mengajukan pinjaman, atau melakukan investasi.

Melihat sederet manfaat tersebut, tak heran jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak dari tahun ke tahun.

Berdasarkan laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII), penetrasi internet di Tanah Air mencapai 73,7 persen atau setara dengan 196,7 juta pengguna hingga kuartal II-2020, naik dari 171,2 juta orang pada 2018.

Jika dikaitkan dengan pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, termasuk Indonesia, temuan itu merupakan hal lumrah.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan sejumlah aturan dan imbauan untuk menekan angka penularan virus yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

Sebut saja penerbitan protokol kesehatan (prokes), imbauan beraktivitas produktif di rumah, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Melalui kebijakan tersebut, pemerintah mengimbau masyarakat untuk beraktivitas dari rumah saja.

Alhasil, saat banyak beraktivitas di rumah, internet semakin dibutuhkan di masa pandemi. Pasalnya, selain menunjang kelancaran kegiatan sehari-hari, teknologi tersebut juga menjadi sarana hiburan.

Ada banyak jenis hiburan yang bisa didapat melalui internet. Salah satunya adalah menghadiri pameran virtual (virtual exhibition).

Meskipun bukan hal yang benar-benar baru, virtual exhibition di ranah seni saat ini memiliki perbedaan besar dari era sebelumnya.

Dulu, virtual exhibition hanya menjadi ajang pameran yang dibuat dengan konsep ala kadarnya. Bahkan, karya seni yang diperlihatkan pun hanya sebatas gambaran umum.

Kini, penyelenggaraan acara tersebut dibuat terkonsep agar pengunjung mendapatkan pengalaman yang immersive dan interaktif saat menikmati karya seni. Bahkan, pada beberapa virtual exhibition, tamu dapat bebas bereksplorasi menikmati sarana yang dibuat penyelenggara pameran dan bermain dengan karya seniman favoritnya.

Dari sisi pelaku seni, virtual exhibition menjadi wadah krusial bagi seniman saat ini. Sebab, acara ini mampu memberikan kebebasan, terutama untuk seniman yang karyanya belum pernah hadir secara digital.

Selain itu, seniman juga bisa menambahkan elemen-elemen yang belum pernah dicoba sebelumnya, seperti melakukan pembaruan dalam proses berkarya.

Terpenting, seniman yang ikut pameran mendapat kesempatan untuk saling berkolaborasi melalui berbagai jenis interaksi yang dibangun dalam virtual exhibition.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan serunya pengalaman virtual exhibition, yuk kunjungi tautan ini.


Rekomendasi untuk anda
komentar di artikel lainnya