Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ronal Surapradja Tak Sangka Kenakan "Sandal Sapi"

Kompas.com - 10/08/2015, 21:21 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com -- Artis komedi dan penyiar radio Ronal Surapradja (38) tiba-tiba melontarkan permohonan maaf karena mengenakan sandal ketika menghadiri jumpa pers acara musik dan komunitas Gebyar Asyiiik 2015 yang digelar di GOR Satria pada akhir pekan lalu. Namun, sandal itu disebutnya bukanlah sembarang sandal. 

"Mohon maaf bukan tidak sopan pakai sandal tapi saya pakai sandal bandolan. Bahannya dari ban bekas yang diolah jadi sandal," ucapnya di sela acara musik dan komunitas Gebyar Asyiiik 2015, di GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah, Sabtu (8/8/2015) malam.

Sandal bandol tercatat sudah ada di Indonesia sejak era 1950-an. Sandal bandol tak hanya digunakan sebagai alas kaki manusia, tetapi juga dipakai sebagai sandal sapi. Fungsinya, melindungi kuku sapi-sapi karena berjalan jauh.

Awalnya, Ronal terkejut. Ia tak menyangka bahwa sandal itu disebut juga sandal sapi. Namun, ia mengaku senang karena sandal bandol merupakan hasil kreasi tradisional asli Indonesia.

"Sandal sapi? Oh... ha-ha-ha, saya senang sih. Saya suka produk-produk Indonesia. Misalnya pakai batik Garutan. Dan dikasih sandal ini sebagai oleh-oleh saya senang. Lumayan buat jumatan (shalat Jumat)," tuturnya sambil tersenyum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com