Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zaskia Gotik Akui Tak Tahu Sila Kelima Pancasila

Kompas.com - 22/03/2016, 18:18 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menghadapi masalah dugaan pelecehan terhadap Pancasila, Zaskia Gotik (25) mengaku tak hafal Pancasila.

Diterangkan oleh Eddy Ribut Harwanto, kuasa hukum perusahaan rekaman Nagaswara, pelantun "Satu Jam Saja" itu memiliki keterbatasan wawasan dan tak tahu sila kelima Pancasila.

"Karena kekhilafan dan keterbatasan, Neng (Zaskia) sendiri sila kelima enggak tahu. Keterbatasan dia saja," kata Eddy dalam jumpa pers di kantor Nagaswara, Jalan Johar, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016).

Zaskia mengaku pula kesulitan menjawab pertanyaan tentang lambang sila kelima Pancasila. 

"Neng lulusan SD, kalau dibilang pura-pura, jujur pertanyaan (tentang lambang sila kelima Pancasila) ini berat. Neng enggak tahu jawabannnya sama sekali. Neng kondisinya lagi bercanda, happy, tebersit untuk tulis. Itu spontan. Kalau dibilang sengaja, ya Allah siapa yang sengaja," tutur Zaskia.

Pemilik "goyang itik" tersebut juga menjelaskan bahwa dalam acara Dahsyat edisi 15 Maret 2016 di layar kaca RCTI itu ia tak bermaksud melecehkan Pancasila.

Terlebih lagi, ia merasa sudah menerima banyak hal dari negaranya sendiri.

"Pakai logika saja deh, Neng public figure, Neng (jadi) sorotan masyarakat, contoh, masa Neng mau jatuhkan negara Neng sendiri? Neng lahir di sini, cari uang di sini, masa mau menghina? Enggak mungkin," ujarnya.

"Kalau ada yang bilang Neng pendidikannya lemah, ya memang Neng begitu. Neng dari kampung. Jadi, saya bukan salahkan siapa-siapa, saya salahkan diri saya sendiri. Saya yang bodoh, khilaf, lemah, saya terima itu. Mau komentar apa pun, masyarakat berarti mencintai saya dan memperhatikan saya dan membuat saya untuk jauh lebih baik lagi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com