Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Pendek Indonesia "05.55" Menang dalam Festival Film Pendek di New York

Kompas.com - 02/05/2016, 14:06 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Film pendek karya anak bangsa berjudul 05:55 menjadi salah satu pemenang dalam Global Short Film (GSF) Awards 2016, yang diadakan di New York, AS, akhir minggu lalu.

Film 05:55, karya komunitas film independen Yogyakarta, Montase, menjadi pemenang dalam kategori Best Cinematography.

Hal itu diterangkan oleh Acting Consul General pada Konsulat Jenderal RI di New York, Benny YP Siahaan, kepada Antara London, Senin (2/5/2016) WIB.

Film karya Tiara Kristiningtyas dan Mohammad Azri ini bercerita tentang saat-saat sebelum gempa terjadi di Yogyakarta pada 2006, yang meluluhlantakkan hampir sebagian besar bangunan di Yogyakarta dan sekitarnya serta menelan ribuan korban jiwa.

Film yang sudah beberapa kali menang di berbagai festival film di Tanah Air ini ditampilkan dengan format hitam putih dan tanpa dialog sama sekali.

Namun, berbagai sudut pengambilan gambar mampu merekam kuat potret keseharian masyarakat Yogyakarta yang berubah 160 derajat ketika gempa memorakporandakan sendi-sendi kehidupan mereka.

Kekuatan sinematografi film ini mampu mengalahkan para finalis lain dari 56 negara.

GSF Awards 2016, yang diselenggarakan di Bow Tie Chelsea Cinemas, 260 West 23rd Street, New York, dihadiri para warga lokal pencinta film serta perwakilan Konsulat Jenderal RI di New York sebagai bentuk dukungan terhadap sineas Indonesia.

Berbagai tanggapan positif datang dari para pengunjung.

Para pemenang GSF Awards 2016 dari berbagai kategori akan diundang ke Cannes Film Festival 2016 pada 21 Mei 2016 di Cannes, Perancis.

Di Cannes, akan ada presentasi penghargaan secara resmi dan sejumlah gala dinner untuk mereka. (Zeynita Gibbons/Unggul Tri Ratomo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com