Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Melaju ke Final AFF, Stefano Lilipaly Jadi Idola

Kompas.com - 14/12/2016, 17:29 WIB
Reza Pahlevi

Penulis

KOMPAS.com – Euforia kemenangan Indonesia melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016), masih bisa dirasakan sampai saat ini.

Dari laga semifinal Piala Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) 2016 itu pun muncul satu idola baru dari lapangan, yaitu Stefano Lilipaly.

Sesampainya di Tanah Air, pemain berdarah campuran Indonesia-Belanda ini langsung dikerumuni pengagum. Mereka sampai rela datang ke bandara menyambut Lilipany, sekadar untuk selfie dan foto bersama.

Gol yang disumbangkan untuk tim nasional Indonesia merupakan alasan Lilipany tiba-tiba jadi pusat perhatian orang.

Dalam laga yang berakhir imbang 2-2 tersebut, pemain bernomor punggung delapan itu membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-54.

Hasil laga tandang tersebut mengantarkan Indonesia ke babak final, setelah di laga kandang pada Rabu (7/12/2016) mendapatkan kemenangan 2-1.

Kini, aksi Lilipaly kembali ditunggu. Dia tampil kembali bersama Tim Nasional Indonesia di laga final AFF pada Rabu (14/12/2016), menghadapi Tim Nasional Thailand.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pemain timnas Indonesia Stefano Lilipaly berlatih di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (13/12/2016). Indonesia akan betanding melawan Thailand pada final Piala AFF Suzuki Cup 2016 leg pertama di Stadion Pakan sari, Rabu (14/12/2016).

Menonton pertandingan yang bakal menantang semangat nasionalisme seperti ini pasti bakal seru kalau dilakukan bersama teman-teman.

Kalau biasanya dilakukan di kafe atau restoran, nonton bareng juga punya pilihan lokasi lain untuk dijajal juga. Jangan salah, menonton di rumah pun bisa jadi tempat seru untuk itu.

Tinggal, apa trik yang harus disiapkan?

Ajak teman

Undanglah beberapa teman agar acara nonton bareng atau nobar jadi lebih ramai. Syukur kalau pertandingan yang tayang adalah big match—pertandingan dua klub besar atau tim idola.

Suasana yang ramai akan menambah keseruan saat nobar. Suasana akan semakin asyik saat mengetahui bahwa teman Anda mendukung tim lawan—tentu konteksnya saat pertandingan yang ditonton bukan Tim Nasional Indonesia.

Ingatkan pula teman Anda untuk memakai jersey pemain atau tim idola. Dengan begitu, nobar akan makin terasa semangat.

Ruangan

Usai ajakan mendapat kepastian kedatangan, alangkah baiknya menyiapkan ruangan yang cukup lapang.

Penentuan pilihan ruang outdoor atau indoor akan tergantung jumlah teman yang diajak nonton. Jika banyak, Anda bisa gunakan area di luar ruangan. Di taman, misalnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com