Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Didik Gita Gutawa Raih Juara di Festival Sanremo Junior

Kompas.com - 12/05/2017, 16:14 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lyodra (13), salah seorang anak Di Atas Rata-rata generasi dua (DARR 2), menyabet juara pertama Festival Sanremo Junior yang digelar di Kota Sanremo, Italia, sejak 1-7 Mei 2017.

Ia menang untuk kategori usia 13-15 tahun sekaligus mendapatkan penghargaan istimewa dari komite Sanremo Junior dengan gelar "Prix of Sanremo Junior Committee".

"Alhamdulillah salah salah satu anak Indonesia, Lyodra, baru menang menyanyi di Sanremo Junior Festival," ujar Gita saat jumpa pers di Studio Erwin Gutawa, Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Jumat (12/5/2017).

Pemilik nama lengkap Lyodra Margareta Ginting itu menyisihkan 23 peserta lain dari 18 negara yang ikut serta. Para peserta terbagi dalam beberapa kategori mulai usia 6 hingga 15 tahun.

Dara asal Medan itu menyanyikan lagu "Dear Dream", sebuah lagu yang diadaptasi dari lagu berjudul "Janji untuk Mimpi". Pada penampilan itu, Lyodra diiringi oleh Sanremo Symphonic Orchestra secara live.

Sebelumnya, lagu itu sudah dialihkan ke dalam bahasa Inggris dan diaransemen ulang oleh komposer Erwin Gutawa. Gita menambahkan, keiikutsertaan Lyodra tak lepas dari undangan yang dikirim oleh pihak festival kepadanya.

Gita mengaku ditunjuk sebagai ketua delegasi dan membawa wakil anak dari Indonesia, hingga dipilihnya Lyodra.

"Banyak sekali bakat-bakat anak Indonesia yang kita harus support. Karena banyak dari mereka yang punya talenta," ujar dia.

"Saya dan ayah saya patut memberikan bimbingan untuk meneruskan industri musik Indonesia. Ini mimpi kami untuk membawa mereka ke ajang internasional terutama di bidang seni dan musik," lanjut Gita.

Sedangkan Lyodra mengaku tidak menyangka bisa memenangi festival tersebut.

"Dapat juara, aku sampai sekarang masih belum percaya. Pas briefing tidak ada target juara satu. Saat itu, aku ingin menunjukkan dan tampil yang terbaik untuk bangsa," ucap dia.

Adapun Festival Sanremo Junior adalah sebuah kompetisi menyanyi internasional untuk pada solois. Kota Sanremo sendiri terkenal sebagai pusat festival musik dan budaya di Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com