Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balogo, Manyipet, dan Bagasing di Palangkaraya

Kompas.com - 12/05/2009, 10:37 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Peringatan dan perayaan hari ulang tahun Provinsi Kalimantan Tengah akan diramaikan beberapa acara, mulai dari Festival Seni Budaya Isen Mulang, Kalteng Ekspo, juga aneka perlombaan dan permainan tradisional khas Dayak.

"Lomba dan permainan tradisional tadi antara lain balogo, manyipet, dan bagasing," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Kardinal Tarung di Palangkaraya, Selasa (12/5).

Balogo adalah permainan tradisional yang memperlombakan ketangkasan membidik keping tempurung menggunakan lontaran keping tempurung. Manyipet adalah lomba menyumpit, yaitu membidik sasaran menggunakan sumpit. Adapun bagasing adalah permainan gasing.

Festival seni budaya Isen Mulang akan digelar dari tanggal 19-24 Mei, sementara Kalteng Ekspo dari 19-23 Mei. Peserta lomba berasal dari seluruh kabupaten/kota di Kalteng, adapun Kalteng Ekspo akan diikuti peserta dari beberapa daerah di Indonesia. "Ada juga lomba menganyam rotan yang merupakan hal baru dalam perayaan HUT Kalteng ke-52 ini," kata Kardinal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com