Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Vaksinasi Pertama dan Doa Untuk Presiden Jokowi...

Kompas.com - 14/01/2021, 19:54 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Refleksi Jaya Suprana

SECARA resmi, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI atau BPOM menyatakan bahwa vaksin Covid-19 yang didistribusikan PT Biofarma aman dipakai.

Pada pagi hari 13 Januari 2021, vaksin yang telah dijamin aman oleh BPOM berdasar kaidah WHO tersebut diberikan kepada seorang insan warga putra terbaik indonesia pertama, yaitu Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Baca juga: VIDEO: Detik-detik Vaksinasi Jokowi, Tangan Dokter sampai Gemetar

Penghormatan dan penghargaan sangat layak diberikan kepada Presiden Jokowi yang ikhlas merelakan diri sendiri menjadi warga Indonesia.

Warga pertama di RI yang disuntik vaksin Covid-19 . Ini tentu ditujukan sebagai suri tauladan.

Contoh nyata demi meyakinkan seluruh rakyat Indonesia bahwa vaksin yang didistribusikan oleh PT Biofarma benar-benar aman.

Ketulusan Presiden Jokowi berkenan pertama menerima vaksin anti Covid-19 merupakan bukti kesungguhan niat beliau mempercepat pemulihan kembali kehidupan bangsa Indonesia, setelah setahun menderita akibat angkara murka virus corona. 

Semua dilakukan tanpa paksaan, sesuai arahan WHO sebagai lembaga kesehatan PBB yang bertanggung-jawab atas kesehatan umat manusia di planet bumi.

Ketulusan dan semangat pengorbanan Presiden Jokowi untuk menjadi suri tauladan menerima vaksin sangat mengharukan lubuk sanubari saya.

Maka, dengan penuh kerendahan hati, saya bersujud memanjatkan doa permohonan kepada Yang Maha Kuasa, agar berkenan melimpahkan anugerah kesehatan ragawi serta kekuatan lahir-batin kepada Presiden Jokowi.

Baca juga: IDI Harap Narasi Hukuman Pidana Bagi Penolak Vaksin Dikurangi, Ini Alasannya

Doa untuk Presiden kita yang telah memimpin perjuangan bangsa, negara, dan rakyat Indonesia menempuh perjalanan panjang. 

Menembus kemelut pandemi di negeri ini, deru campur debu, berpercik keringat, penuh dengan air mata dan pengorbanan jiwa, menuju cita-cita terluhur bangsa Indonesia.

Cita-cita bersama menuju masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan sehat-walafiat hidup bersama di negeri gemah ripah loh jinawi, tata tentram kerta raharja. Aamiin. (Jaya Suprana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com