Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Avatar Ada di China

Kompas.com - 25/01/2010, 19:41 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sebuah puncak terjal di China selatan yang memiliki pemandangan indah telah dinamai ulang berdasarkan nama pegunungan melayang yang ada di film laris Hollywood, Avatar, dengan harapan dapat mendulang uang dari kesuksesan film itu.
  
"Lajur Langit Selatan" di Zhangjiajie di Provinsi Hunan selatan secara resmi diganti namanya menjadi "Pegunungan Halleluya Avatar" dalam sebuah perayaan, Senin (25/1/2010), menurut laman resmi Pemerintah Zhangjiajie. www.zjj.gov.cn
   
Pemerintah mengatakan bahwa Pegunungan Halleluya melayang di film itu terinspirasi oleh Lajur Langit Selatan karena fotografer dari Hollywood telah mengambil gambar di lokasi itu pada 2008. "Banyak gambar yang dia ambil kemudian menjadi prototipe berbagai elemen di film Avatar, termasuk Pegunungan Halleluya," menurut laman itu.
   
Avatar yang disutradarai oleh James Cameron sejauh ini telah memperoleh pendapatan 1,841 miliar dollar AS dari penjualan tiket di seluruh dunia. Hal itu menjadikannya sebagai film internasional terbesar sepanjang sejarah.
   
Bioskop di China pekan lalu mulai menghentikan penayangan versi 2D dari Avatar untuk memberikan tempat bagi film-film lokal menjelang perayaan Tahun Baru China, sekalipun versi 3D yang lebih populer masih tersedia.
   
Avatar sejauh ini telah mengantongi pendapatan sebesar 80 juta dollar AS di China, dan menjadi film paling populer di negara itu. Zhangjiajie berharap dapat turut mendompleng kepopuleran itu.
   
Wisatawan sekarang dapat bergabung dalam Wisata Magis ke Avatar-Pandora atau Wisata Penuh Keajaiban ke Pegunungan Melayang Avatar menurut layanan perjalanan wisata Zhangjiajie di lamannya, www.citszjj.com. "Pandora sangat jauh, tapi Zhangjiajie cukup dekat," kata pemerintah kota dalam lamannya.
   
"Selamat datang ke Zhangjiajie untuk melihat Pegunungan Halleluya Avatar dan menemukan dunia yang sesungguhnya dari Pandora," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com