Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terserang Jantung, Butet Kartaredjasa "Mondok" di RS

Kompas.com - 28/01/2010, 10:39 WIB

Setelah berbulan-bulan sibuk menyiapkan dan menggawangi perhelatan seni rupa Biennale Jogja X, seniman sekaligus Direktur Biennale Jogja X Butet Kartaredjasa (48) menjalani kateterisasi jantung di Rumah Sakit Dr Sardjito Yogyakarta, Rabu (27/1). Ia didiagnosis mengalami penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Sebelum dirawat di RS Sardjito, Butet ”mondok” dua malam di RS Bethesda, Yogyakarta. Dia dilarikan ke rumah sakit karena mengeluh sesak napas dan nyeri di dada.

”Dia bilang, dadanya seperti diinjak-injak gajah, saya langsung menduga dia kena serangan jantung,” ujar adiknya, Djaduk Ferianto (45), yang menunggui di rumah sakit.

Dari RS Bethesda, Butet dirujuk ke RS Dr Sardjito yang punya peralatan lebih lengkap. Selama ini Butet getol merokok dan gemar makan jeroan. Anak kelima dari tujuh bersaudara itu juga sibuk dalam berbagai kegiatan seni dan budaya selama setahun terakhir.

Menurut Djaduk, Butet belum pernah terkena serangan jantung sebelumnya. Serangan jantung ini membuat dia harus beristirahat total setidaknya selama sepekan. Pihak rumah sakit juga akan membatasi kunjungan para tamu ke kamarnya di VIP Intensive Care Coronary Unit RS DR Sardjito. (IRE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com