Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekar Rock Membius Yogyakarta

Kompas.com - 18/07/2010, 10:13 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Musisi rock Tanah Air, Abdee Slank, Yoyo Padi, Yuke Dewa, Baron Soulmate, dan Candil, Sabtu ( 17/7/2010) malam di Monumen Jogja Kembali (Monjali) benar-benar jadi bintang.

Musisi andal Indonesia yang mempunyai karakteristik permainan istimewa itu bisa berkolaborasi bareng dengan harmonisasi yang mengagumkan. Untuk pertama kalinya, mereka berada dalam satu panggung di acara Pre Event Concert Surya 12 Premium Slash Friends Bersama Indonesian Rock Stars.

Padahal, kata Abdee, latihan yang dilakukan sangat minim. Bahkan, akhirnya aksi panggung mereka sangat berbeda dengan yang telah dilakukan saat latihan. Semua aksi panggung yang dilakukan adalah spontanitas masing-masing musisi rock ini.

Walau minim latihan, karena mereka sudah sering ngejam bareng, aksi mereka ini tetap saja membuat penonton tersihir. Berulangkali meluncur decak kagum dari bibir penonton saat All Indonesian Rock Stars itu mempertontonkan kehebatan masing-masing.

Lihatlah, misalnya, saat mereka membuka penampilan panggung dengan lagu yang dipopulerkan oleh Guns n Roses, "Paradise City". Suara Candil yang melengking mampu membuat warga Yogyakarta yang memadati Monjali, bergoyang.

Tak cukup sampai di situ, All Indonesian Rock Star langsung melanjutkan dengan lagu "Janji"-nya Gigi. Saat itulah Baron, yang juga pernah memperkuat grup band Gigi, menunjukkan aksi gitarnya dan langsung disambut tepuk tangan meriah para penonton. Tak mau kalah, Yoyo pun unjuk gigi dengan gebukan drumnya yang berirama disko, membuat penonton semakin bergoyang.

"Selamat malam Jogja, gimana malam ini, asyik?" kata Candil menyapa penonton. "Tepuk tangan buat acara Road to Slash ini. Mengapa saya dipilih dan disuruh nyanyi di sini mungkin karena saya mirip Slash. Lagu yang berikutnya ini legend banget. Yang mengangkat Guns n Roses dan menjadi meledak," tutur Candil yang kemudian langsung menyanyikan lagu "Sweet Child O'Mine".

"Tepuk tangan untuk pendekar rocker. Mana lengkingannya. Sudah siap disko?," teriak Candil yang langsung disambut oleh teriakan histeris penonton.

Aksi mereka pun berlanjut dengan lagu yang pernah dipopulerkan oleh grup band Seurieus, "Rocker Juga Manusia". Saat itulah terjadi kejadian mengejutkan. Sebab, di tengah-tengah lagu, tiba-tiba Yoyo melompat dan meninggalkan drumnya. Ia langsung merebut gitar yang tadinya dimainkan oleh Baron. Yoyo pun langsung memetik gitar dan akustikan bareng Candil yang masih terus menyanyikan lagu "Rocker Juga Manusia". Di akhir lagu tersebut, Yoyo mencium pipi Candil yang langsung mendapat sorakan kaget dari penonton. "Yoyo belum ada pelampiasan," kata Candil ringan.

Lagu pun berlanjut setelah Yoyo kembali ke posisinya sebagai drummer. Berikutnya giliran lagu "Pangeran Cinta" milik Dewa yang beraksi. Di sela-sela lagu tersebut, masing-masing musisi itu menunjukkan kebolehannya secara solo. Yoyo beraksi dengan drumnya, Baron dan Abdee dengan gitarnya, yang disusul oleh Yuke yang membetot bassnya dengan apik.

Kemudian, Candil kembali akustikan. Kali ini dengan Abdee dan mereka menyanyikan lagu "Jauh" milik Slank. Lagu berikutnya adalah lagu "Sobat" milik Padi dan terakhir, penampilan mereka yang selama kurang lebih dua jam itu ditutup oleh lagu Guns n Roses, "You Could Be Mine".

"Terima kasih buat teman-teman di Jogja, seneng banget, santai, tertib, tapi tetap rock," kata Candil dengan suara khasnya yang melengking tinggi. (ANI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com