Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waljinah Tak Kuasa Tolak Ayam Goreng

Kompas.com - 14/09/2010, 11:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Setelah menjalani rawat inap di rumah sakit, Mei lalu, akibat perdarahan saluran pencernaan, hingga kini penyanyi keroncong Waljinah (65) belum aktif lagi di panggung, meski ia tetap disiplin menjaga suara dengan menghindari es dan gorengan.

Akan tetapi, khusus ayam goreng, Waljinah sulit menolaknya. Terlebih ayam goreng itu menjadi salah satu hidangan favoritnya saat Lebaran, selain opor dan sambal goreng kering. "Kalau ayam goreng, saya tetap makan karena minyaknya tak terlalu banyak," katanya beralasan sambil tertawa.

Lebaran hari pertama diisi pelantun "Walang Kekek" ini dengan silaturahim kepada para tetangga dan berkumpul dengan keluarga besar di rumahnya, di Kampung Mangkuyudan, Laweyan, Solo.

Selain empat anak dan tujuh cucu, kerabat Waljinah bisa mencapai 100 orang. Mereka datang ke rumahnya silih berganti. Setelah sungkeman, acara kumpul keluarga itu diisi dengan ngobrol dan bercanda, lalu ziarah kubur.

"Saya paling senang dengar suara cucu yang ramai minta angpau kepada eyangnya," kata Waljinah, yang mengaku masih belum bisa menjangkau nada-nada tinggi itu.

Tentang rencana kembali naik panggung, Waljinah mengatakan, sekitar November nanti ia akan tampil dalam acara ulang tahun penyanyi tempo dulu, Anna Mathovani. (EKI/KOMPAS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com