Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rima Melati Prihatin Remaja Kena Kanker Payudara

Kompas.com - 06/10/2010, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Aktris kawakan Rima Melati prihatin dengan bertambahnya jumlah remaja penderita kanker payudara di Indonesia. Menurut Rima, penyakit yang membunuh itu harus sejak dini dikenali gejalanya. 

"Tadinya kanker payudara didapati pada orang 30 tahun ke atas, sekarang bisa (diidap) usia 20 tahun ke atas. Ini yang membuat kami prihatin," ujar Rima usai penandatanganan program sosial Royale Jakarta Golf Club dengan Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta, di Jakarta, Rabu ini (6/10/2010). 

Rima berpesan, kanker payudara juga harus diwaspadai oleh kaum pria. "Ke depan kalau bisa ada deteksi sejak dini agar laki-laki dan perempuan bisa menjaga kesehatannya, karena kemarin ada pria yang meninggal karena kanker payudara," ucap istri aktor senior Frans Tumbuan ini. 

Karena itu, Rima, yang pernah menderita kanker payudara, mengimbau agar masyarakat bisa mengenali gejalanya sejak dini. "Harus hati-hati kalau ada benjolan di tubuh. Kita harus segera memeriksa ke dokter atau ke rumah sakit. Ya, ini saya alami sendiri," ungkapnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Rima menekankan bahwa sosialisasi bahaya kanker tak bisa dilakukan sendiri. "Kami dari Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta merasa senang dengan adanya kerja sama International Golf Course Royale Jakarta, bisa memberi kebaikan bagi yayasan kami," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com