Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Roro Jonggrang" Akan Sambut Miss Universe

Kompas.com - 08/10/2010, 11:24 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS - Menyambut Miss Universe di Yogyakarta, Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta dan seniman Didik Nini Thowok akan menggelar karya semikolosal legenda Roro Jonggrang, 12 Oktober. Pertunjukan akan digelar di panggung teater Wisnu Candi Prambanan.

Public Relation Coordinator Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta Sekar Ayu menuturkan, kehadiran Miss Universe ke Yogyakarta setiap tahun bisa mengangkat citra Yogyakarta. Oleh karena itu, pihaknya memperlihatkan kekayaan budaya. "Roro Jonggrang kami harapkan mengangkat pariwisata Yogya. Jadi, wisatawan tidak hanya menonton sendratari Ramayana," katanya, Kamis (7/10).

Di samping Miss Universe 2010 Ximena Navarrete, acara juga akan dihadiri Putri Indonesia 2010 Qori Sandioriva. Musisi Daniel Sahuleka juga tampil membuka acara dan menyanyikan lagu-lagu hitsnya.

Didik Nini Thowok, koreografer Roro Jonggrang, menuturkan, pertunjukan bersifat semikolosal berformat menyerupai opera. Lewat tarian dan dialog, para penari menceritakan legenda terciptanya Candi Prambanan. Tata panggung dilengkapi efek khusus dan laser. Tokoh sentral yang ditampilkan ialah Pangeran Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. "Nanti, para penari berdialog secara lipsing dengan bahasa Indonesia dan sedikit bahasa Inggris," ujarnya.

Menurut dia, legenda semacam itu perlu ditampilkan agar tidak dilupakan, khususnya generasi muda.

Ia juga menyinggung kurangnya perhatian pemerintah terhadap benda-benda peninggalan masa lalu, yang tampak dari kasus pencurian koleksi museum seperti di Museum Sonobudoyo.

Pertunjukan berdurasi sekitar 50 menit tersebut akan melibatkan 65 penari. Didik merancang pertunjukan itu bersama Agung Tri Yulianto dan Satriyo Handriyatno selaku asisten. Naskah pertunjukan ditulis seniman ketoprak Bondan Nusantara.

Sebagai sajian wisata, pertunjukan itu ditujukan bagi wisatawan asing maupun domestik. Hotel Sheraton mengeluarkan tiket bertarif Rp 175.000 per orang hingga Rp 325.000 per orang bagi peminat acara tersebut. (ARA)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com