Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Widi "Be3": Hal Kecil untuk Bumi

Kompas.com - 09/11/2010, 09:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  -- Semakin rusaknya lingkungan dan semakin parahnya imbas pemanasan global membuat semua orang harus menjadi bagian solusi. Upaya penyelamatan Bumi itu dapat dilakukan oleh siapa pun, mulai dari hal-hal kecil di sekitar kita.

Kesadaran itulah yang coba diterapkan trio Be3 dalam keseharian mereka.

Sebagai ibu yang memiliki bayi empat bulan, Widi Mulia Sunarya (31) alias Widi memilih menggunakan popok yang bisa dicuci dan digunakan beberapa kali daripada popok sekali pakai.

”Memang agak merepotkan. Namun, ini merupakan kontribusi saya untuk Bumi,” papar ibu dua putra ini dalam Pembukaan Green Festival 2010 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Riafinola Ifanisari (32), yang akrab disapa Nola, memiliki trik lain. Ibu tiga anak ini memilih membangun rumah dengan ventilasi udara yang banyak. Akibatnya, saat anak-anaknya bermain di rumah, pendingin ruangan tidak perlu lagi dinyalakan karena udara sudah cukup sejuk.

Tidak mau kalah dengan kedua rekannya, Cynthia Lamusu (32) memilih menanam biji buah-buahan yang dia makan bersama sang suami, termasuk biji durian. Semakin banyak pohon yang ditanam, semakin banyak karbon dioksida akan yang diserap sehingga dampak pemanasan global bisa ditekan.

Ayo, siapa lagi mau ikut menyelamatkan Bumi? (MZW)
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com