Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Oscar? Siapa Tuh?"

Kompas.com - 28/02/2011, 12:18 WIB

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Para astronot, yang tengah mengorbit di luar angkasa atau tepatnya di pesawat ulang-alik antariksa Discovery yang tengah bergabung dengan Stasiun Ruang Antariksa Internasional (ISS), sangat sibuk dengan misi mereka sehingga tidak sempat lagi membagi perhatian ke perhelatan akbar di dunia perfilman, Academy Awards, di Bumi.

Saat ditanya oleh seorang pewancara televisi, awak ISS bahkan mengaku tidak tahu sama sekali tentang penghargaan Oscar. "Oscar? Oscar siapa?" tanya balik awak tersebut kepada pewancara yang bermaksud meminta komentar seputar penyerahan penghargaan Oscar yang berlangsung hari ini.

Discovery siap merampungkan misinya akhir pekan depan sehingga tidak perlu lagi diadakan inspeksi sebelum pesawat yang ditumpangi oleh enam awak ini melepaskan diri dari ISS.

Pejabat Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menerangkan tidak khawatir dengan kerusakan apa pun yang berasal dari busa insulasi yang terlepas dari tangki bahan bakar dan mengenai bagian perut Discovery. Setidaknya empat kepingan terlepas dari bagian tangki bahan bakar saat peluncuran Discovery, Kamis (24/2/2011). Meskipun demikian, peristiwa ini dinilai tidak berdampak bagi keselamatan misi.

Lebih dari 300 foto digital telah diambil dari ISS selama Discovery bergabung dengan stasiun ini, Sabtu (26/2/2011). Keterangan gambar ini sekaligus memastikan bagian thermal Discovery bebas dari kerusakan serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com