Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauzi Baadilah Jadi Korban Pemerkosaan

Kompas.com - 08/03/2011, 18:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Aktor Fauzi Baadilah mengaku mendapat tantangan yang tidak lazim dalam film terbarunya, Lost in Papua. Diakui mantan suami foto model asal Uzbekistan, Shenk Lotta, itu pengalaman yang tak biasa karena ia harus terlibat adegan pemerkosaan yang melibatkan 16 perempuan di pedalaman.

Nah, dalam film itu, Fauzi yang dipercaya memerankan pria bernama David justru menjadi korban pemerkosaan. "Iya, ceritanya, mereka kalau melihat pria hasratnya langsung deh," cerita Fauzi mengenai adegan dalam film tersebut saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2011).

Fauzi, aktor yang namanya melambung lewat film 9 Naga tersebut, mau tak mau harus menjalani peran yang telah dipercayakan sutradara Irham Acho Bachtiar.

"Kacau tuh, masa sampai digilir 16 orang secara bergantian," candanya. 

Terlepas dari itu, Fauzi menekankan bahwa Lost in Papua lebih menitikberatkan alur cerita pada kehidupan masyarakat Papua. "Kalau soal cerita itu intinya mengangkat Papua dengan dramanya, penduduknya juga. Kami angkat semuanya di (film) ini," ujar aktor peraih Piala Citra itu.

Yang jauh membuat dia tertantang adalah ketika harus berhadapan dengan lawan mainnya dari Papua. "Mental lawan main gue kan orang setempat, yang enggak pernah main film. Tugas gue jadi dobel dengan pendekatan psikologis ke mereka agar mereka lebih rileks dan butuh berapa jam untuk take," ungkapnya.

"Gue bahkan sempat tinggal di barak karena kejauhan sekali lokasinya. Learning by doing saja, gue memasuki jalan pikiran mereka," lanjutnya.

Untuk beradaptasi, sejumlah kendala komunikasi harus dihadapi Fauzi. "Iya takutnya salah ngomong, salah persepsi. Jadi, harus pelan-pelan. Mistiknya kuat banget," ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com