Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Ramadhan Populerkan "Rhythm Sawah"

Kompas.com - 23/03/2011, 05:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musisi Gilang Ramadhan bangga mendalami dan menciptakan "Rhythm Sawah", permainan drum dengan elemen musik tradisional Indonesia.

"Saya selalu mengamati rhythm-rhythm yang ada di Indonesia," kata Gilang Ramadhan di sela-sela acara Dji Sam Soe Mahakarya Indonesia di Jakarta, Selasa (22/3/2011).

Gilang mengatakan bahwa "Rhythm Sawah" merupakan irama-irama yang berasal dari Indonesia, seperti dari Aceh, Bali, dan Papua. Ia menemukan bahwa di semua daerah, ada hal yang sama, yaitu sawah. "Dan, orang Indonesia identik dengan nasi, jadi saya namakan 'Rhythm Sawah'."

Dalam bermusik, Gilang banyak terinspirasi musik tradisional Indonesia. Saat manggung atau melakukan klinik drum di Eropa dan Amerika Serikat, banyak yang bertanya, "Where you get that". Ia pun menjawab, "Indonesia".

"Di Jamaika ada reggae, di Amerika Latin ada samba, dan di Indonesia ada Ryhtm Sawah. Saya sekarang lebih terpengaruh dengan musik-musik tradisional yang dipadukan dengan musik modern," katanya.

Ia mengaku "Rhythm Sawah" membuatnya eksis hingga ke mancanegara dan berbelok dari sebelumnya yang hanya mempelajari musik barat.

Kini, Gilang memadukan kenong, kecrek, hingga gong dengan elemen musik modern.

"Luar biasa. Tidak ada habis-habisnya kekayaan elemen musik tradisional Indonesia. Saya sering dikenal kalau sedang main dengan memadukan drum modern dengan elemen musik Indonesia," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com