Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ria Irawan: Jurnalis Penulis Buku

Kompas.com - 30/09/2011, 11:01 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam film Arisan 2 besutan Nia Dinata, Ria Irawan (42) masih berperan sebagai wartawati bernama Yayuk Asmara, seperti pada film Arisan 1. Bedanya, di Arisan 2, si wartawati menerima banyak pesanan buku biografi orang-orang berduit yang ingin dianggap penting meski bukunya dibagi gratis kepada lingkungan dekatnya saja.

Dalam Arisan 2, daya kritis Yayuk sebagai wartawati merosot karena dia menulis untuk menyenangkan orang karena uang. ”Buat Yayuk, semua orang bisa jadi buku asal bisa bayar,” kata Ria.

Dia membantah jika karakter Yayuk itu bentuk sinisme. ”Apa sih idealisme kalau ujungnya juga duit? Menjual reality show atau cerita tentang kesedihan, horor, dan perjuangan yang katanya menggugah nurani, kan, ujungnya juga duit?” ujar Ria. Ia buru-buru menambahkan, ”Itu sikap Yayuk lho, tokoh imajiner dalam Arisan 2.”

Tawa lepasnya berhenti saat ditanya, ”Apakah tokoh imajiner itu ada di jagat jurnalis Indonesia?” Ia balik bertanya, ”Menurut Anda?” Kami pun tertawa terbahak-bahak.

Ria tidak tahu persis tarif menulis buku biografi orang-orang kaya itu. Tetapi, kabarnya, tarif rata-ratanya Rp 250 juta, bahkan bisa mencapai setengah miliar rupiah. Nah, bayangkan kalau seorang jurnalis setiap tahun bisa menghasilkan dua buku. Bekerja lebih mudah dengan penghasilan lebih banyak. (WIN)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com