Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Jadi Tuan Rumah ASEAN Film Festival

Kompas.com - 10/11/2011, 16:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Pulau Dewata akan menjadi tuan rumah perhelatan ASEAN Film Festival (AFF) 2011. Dengan mengusung tema "ASEAN: The Global Film Connection", AFF akan menitikberatkan pada tiga acara utama, yakni ritual red carpet dan gala dinner, pemutaran 10 film pilihan, dan seminar yang membahas isu perfilman di ASEAN.

"Acara ini untuk sharing mengetahui budaya yang ada di masing-masing negara, nanti ada kuliner, musik, termasuk ASEAN Film Festival," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (10/11/2011).

Pada ajang ini, Indonesia diwakili oleh film Di Bawah Lindungan Ka'bah garapan sutradara Hanny Saputra. Sementara Eternity dan Emil mewakili Thailand. Masih ada deretan film lainnya. Pemilihan Pulau Dewata sendiri karena sudah terkenal dengan eksotismenya hingga shooting film Eat, Pray, Love.

Dikatakan Mari, lewat festival ini diharapkan dapat membawa nama Indonesia lebih dikenal di dunia internasional dengan segala keindahan dan keanekaragaman budayanya serta mendorong sineas luar negeri melirik Indonesia sebagai lokasi shooting.

Menurut Mari, tahun depan bakal ada 10-15 produser layar lebar dari Hollywood yang akan melakukan shooting filmnya di Indonesia.

"Melalui AFF ini, Indonesia ingin memperluas kerja sama, membagi informasi karena kita memiliki potensi yang sangat banyak untuk bisa dijadikan sebagai negara tujuan untuk lokasi shooting," jelas Mari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com