Selasa, 25 November 2014
Rossa Merinding "Berduet" dengan Broery Marantika
Penulis : Irfan Maullana | Rabu, 30 November 2011 | 21:25 WIB
|
Share:
KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA
Rossa

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Rossa berkisah, ia merasa merinding ketika menjalani rekaman lagu "Jangan Ada Dusta di Antara Kita", yang "diduetkannya" dengan penyanyi legendaris (mendiang) Broery Marantika. 

Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani ini merilis album The Best of Rossa (2011), yang berisi 14 lagu--tiga lagu baru dan 11 hit radio. "Untuk album the best kali ini dipilih lagu terbaik yang pernah hit di radio dan terpilih 11 lagu. Tapi, saya tetap keluarkan tiga lagu baru," terang Rossa dalam jumpa pers peluncuran album The Best of Rossa di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (30/11 2011).

Album itu istimewa bagi Rossa, karena ia merekam ulang dengan aransemen baru lagu "Jangan Ada Dusta di Antara Kita", yang pernah dipopulerkan oleh duo (mendiang) Broery Marantika dan Dewi Yull. Menurut Rossa, pemilihan lagu tersebut memiliki makna khusus untuk dirinya. "Kenapa lagu ini? Karena, yang menyanyikan itu seorang Broery. Tidak bisa dibantahkan lagi, Om Broery itu vokalnya, kharismanya, kuat sekali. Saya juga pengin menampilkan sesuatu yang baru dengan aransemen baru, tapi dengan karakter vokal Om Broery," jelasnya.

Rossa mengaku, ia sempat bingung dalam mengolah lagi lagu yang untuk kali pertama dirilis pada 1996 tersebut. Untung ada pemusik-pemusik Andi Rianto dan Irfan Nad yang membantunya. "Saya bilang ke Mas Andi, 'Saya mau suara saya benar-benar 'kawin' dengan Om Broery', tapi saya jadi bingung juga, gimana nyanyinya, dan saya beruntung punya Irfan Nad, yang selalu membantu saya mengaransemen lagu di setiap album saya," cerita Rossa. "Selain itu, lepas dari karakter vokal Dewi Yull juga sulit. Tapi, saya beruntung, karena karakter vokal saya sama Dewi Yull itu mirip," lanjut pemilik vokal sopran ini.

Setelah aransemen selesai, rekaman pun dijalani oleh Rossa. Rossa mengungkapkan, proses itu membuatnya merasa merinding. "Di dalam studio saya matikan lampunya, dan saya dengarkan suara Om Broery, dan saya merasa merinding sekali, karena saya benar-benar merasakan apa yang Om Broery rasakan ketika itu. Jadi, saya seperti benar-benar nyanyi bersama, seperti saat sama Pasha (vokalis band Ungu) di lagu 'Atas Nama Cinta'," kisah mantan istri Yoyok, drummer grup PADI, ini.

Bagi Rossa, klip video "Jangan Ada Dusta di Antara Kita" versi Rossa-Broery, yang disutradarai oleh Abimael Gandy, pun bagai menghadirkan kembali Broery. Jadi, seperti klip video lagu "Unforgettable", yang "memertemukan" kembali penyanyi AS Natalie Cole dengan ayahnya, vokalis legendaris Nat King Cole, yang telah tiada. "Saya terima kasih buat Gandy, yang memberikan hatinya buat video clip ini. Saya selalu terlihat lebih cantik, tapi yang pasti (klip video) ini mengingatkan kita ke sosok legendaris Broery," ucapnya. "Ini belum pernah dilakukan di Indonesia, kolaborasi dengan orang yang sudah meninggal," tambahnya.

Editor :
Ati Kamil