Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kejadian yang Membuat Once Pensiun Bernyanyi

Kompas.com - 01/02/2012, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak banyak yang tahu bahwa vokalis Elfonda Mekel, yang akrab disapa Once, pernah pensiun dari dunia bernyanyi yang menjadi jalan hidupnya. Sedikitnya, ada dua kejadian yang memaksa Once tak lagi mengeluarkan suara merdunya.

"Ada dua kejadian. Pas saya umur empat tahun, saya bikin ibu saya panik karena suara saya hilang karena batuk parah. Pokoknya, hilang seminggu, terus muncul lagi dengan suara yang berbeda," kisah Once dalam Kompas.com Music Corner yang disiarkan langsung oleh Radio Sonora 92.0 FM.

Setelah kejadian itu, Once lagi-lagi mengalami gangguan pita suara ketika sudah menjajaki karier bernyanyi profesional. "Waktu kuliah saya suka baca buku tua yang banyak kutu busuk sama debu gitu, mungkin terhirup sama saya. Dari situ saya enggak bisa nyanyi lima tahun, terus balik lagi dengan suara yang berbeda. Kalau serak memang dari dulu, cuma agak bindeng sedikit jadinya. Walaupun rusak, tapi tetap oke kata orang," kenang Once lalu tertawa.

Gangguan pita suara yang terakhir itu membuat Once pensiun bernyanyi selama lima tahun. "Saya malah sudah pensiun dari nyanyi, waktu itu saya sudah ada band, ya profesional ya. Akhirnya saya selesaikan kuliah, terus buru-buru kerja. Dari situ saya berobat terus ke THT, m umpung bisa reimburse ongkos pengobatannya. Paling kata orang kantor bilang, 'Ini anak sakit-sakitan melulu'," kata Once.

Beruntung, pita suara Once bisa pulih kembali. "Waktu itu zaman pas krismon (krisis moneter) banyak teman-teman yang di PHK. Saya kebetulan dapat tawaran Dhani (pentolan Dewa 19, Achmad Dhani) nyari vokalis. Ya, saya ikuti saja petualangan ini sampai di mana, kayaknya seru juga, kebetulan suara juga sudah ada lagi," cerita Once.

Meski sempat pensiun seperti yang dikisahkannya, Once sadar bahwa jalan hidupnya digariskan di musik. "Saya dari dulu dilahirkan nyanyi rock, tapi saya bisa nyanyi pop. Tapi, saya juga penyanyi rock yang bagus menurut saya," tuntas Once.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com