Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peraih Enam Penghargaan Grammy Itu Telah Pergi

Kompas.com - 12/02/2012, 11:57 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Di Staples Center, Los Angeles (California, AS), Minggu (12/2/2012) waktu setempat, akan digelar acara pengumuman dan penyerahan penghargaan bergengsi industri musik internasional Grammy Awards 2012 atau ke-54. Sehari sebelumnya, di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills (California), Sabtu (11/2/2012) waktu sana, Whitney Elizabeth Houston, sang peraih enam penghargaan Grammy, berpulang dalam usia 48 tahun. Industri musik internasional, termasuk penyelenggara Grammy Awards, pun berduka.

Telah dinyatakan oleh pihak kepolisian Los Angeles, Sabtu (11/2/2012) waktu setempat, vokalis kawakan dan aktris ini meninggal dunia di kamar tempatnya menginap di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills (California). Tapi, pihak berwenang itu belum mengeluarkan keterangan mengenai penyebab kematian perempuan kelahiran Newark, New Jersey (AS), 9 Agustus 1963 ini.

Lepas dari hal itu, berkait dengan Grammy Awards, Houston telah meraih enam penghargaan tersebut. Album perdananya, yang berjudul Whitney Houston dan dirilis pada 1985, masuk nominasi kategori bergengsi, Album of the Year, pada ajang itu. Ia meraih penghargaan Grammy pertamanya pada tahun yang sama untuk kategori Best Pop Vocal Performance, Female. Ia membawa pulang trofi berbentuk gramofon itu berkat hit nomor satunya, "Saving All My Love For You".

Keberhasilan Houston berlanjut dalam ajang tersebut hingga pertengahan 1990-an. Pada 1987, ia masuk nominasi untuk kategori Record of the Year dengan lagu "Greatest Love of All" serta menjadi nomine dan peraih penghargaan untuk kategori Best Pop Vocal Performance, Female, berkat lagu "I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me)".

Kemudian, pada 1993, lantunannya yang berjudul "I Will Always Love You" menghasilkan trofi Record of the Year, sementara album original soundtrack film The Bodyguard, yang antara lain berisi hit tersebut, menjadi Album of the Year.    

Penghargaan Grammy terakhir diterimanya pada 1999--Best Female R&B Vocal Performance dengan lagu "It's Not Right But It's Okay". Pada era 2000-an, Houston tak mencetak lagi satu pun kemenangan dalam Grammy Awards. Namun, di ajang lain, tangga album Billboard 200, album terakhirnya yang dirilis, I Look To You (2009), mencapai posisi nomor satu.

"Whitney Houston merupakan salah satu dari penyanyi pop terhebat dunia sepanjang masa, yang meninggalkan sebuah soundtrack yang kuat dan bertahan selama tiga dekade terakhir," kata Presiden/CEO National Academy and Recording Arts and Sciences (NARAS), penyelenggara Grammy Awards, Neil Portnow.

"Suaranya yang sangat kuat menghiasi banyak lagu kenangan sekaligus peraih penghargaan. Sebuah cahaya telah redup dalam komunitas musik kita hari ini dan kami menyampaikan turut berbelasungkawa kepada keluarga, teman, penggemarnya, dan semua yang telah tersentuh oleh suaranya yang indah," kata Portnow lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com