Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BERITA FOTO: Jejak Langkah Whitney Houston 1963-2012

Kompas.com - 15/02/2012, 00:57 WIB
Inilah sepenggal kisah perjalanan hidup sang diva. Whitney Houston, salah satu penyanyi yang dikagumi banyak penikmat musik di jagat ini, mengembuskan napas terakhirnya di usia yang ke-48 tahun. Ada pelajaran hidup yang bisa dipetik darinya. Selamat jalan Whitney....

1. Debut Whitney Houston

Whitney Elizabeth Houston ketika berumur 11 tahun
Whitney Elizabeth Houston ketika berumur 11 tahun (Credit: REX USA)

Whitney Elizabeth Houston lahir pada 9 Agustus 1969 di Newark, New Jersey, New York, dari pasangan John and Cissy Houston. Whitney memang telah ditakdirkan untuk menjadi penyanyi. Ibunya merupakan penyanyi latar legenda rock and roll, Elvis Presley; sepupunya seorang superstar, Dionne Warwick; dan ibu baptisnya merupakan seorang legenda penyanyi soul dunia, Aretha Franklin. Tidak mengejutkan ketika Whitney mewarisi talenta suara emas dari keluarganya. Whitney memulai debutnya sebagai penyanyi solo di New Hope Baptist Church.

2. Karier Berkembang
Whitney Houston ketika remaja
Whitney Houston ketika remaja (Credit: Mount Saint Dominic Academy/Zuma)
Masa remaja Whitney diisi dengan bekerja sebagai model. Wajah Whitney sempat menghiasi majalah-majalah, seperti Seventeen, Glamour, dan Cosmopolitan, serta tampil menyanyi di kelab-kelab New York City. Pada tahun 1983, penampilannya didengar oleh eksekutif Arista Music, Clive Davis, dan langsung ditawari untuk rekaman.

3. Menapaki Puncak Tangga Lagu
Album pertama yang diberi nama Whitney Houston pada tahun 1985
Album pertamanya, "Whitney Houston"

Akhirnya pada tahun 1985, Whitney merilis album pertama yang diberi judul dengan namanya sendiri Whitney Houston berhasil membangun citra seorang superstar. Ketenarannya dibantu oleh kritik positif majalah Rolling Stones, "With her sleek beauty and her great voice, Whitney Houston is obviously headed for stardom." (dengan suaranya yang begitu halus dan indah, Whitney Houston sangat jelas menapaki jalan menjadi bintang), yang turut mempermulus perjalanan karier Whitney.

Setelah terjual 12 juta kopi di Amerika, Whitney mencatat sejarah sebagai penyanyi solo dengan penjualan album terbanyak. Di album pertamanya tersebut, Whitney juga berhasil mencatat tiga single yang menempati No 1 tangga lagu Billboard Hot 100 Amerika, yaitu "Saving All My Love For You", "How Will I Know", dan "The Greatest Love of All".

4. Golden Girl
Whitney Houston memegang Grammy pertamanya pada tahun 1986 (Credit: Michael Ochs Archives/Getty)
Whitney Houston memegang Grammy pertamanya pada tahun 1986 (Credit: Michael Ochs Archives/Getty)

Pada tahun 1986, Whitney Houston membawa pulang tiga piala di ajang Grammy, termasuk penghargaan tertinggi Album of The Year dan Best Female Pop Vocal Performance. Pada tahun yang sama, Whitney berhasil membawa pulang tujuh American Music Awards dan satu MTV Video Music Award.
5. Memecahkan Rekor
Credit: Ebet Roberts/Redferns/Getty
Credit: Ebet Roberts/Redferns/Getty

Album keduanya, Whitney, yang dirilis pasa Juni 1987 berhasil mencetak sejarah baru dan memecahkan rekor sebagai penyanyi wanita pertama yang menempatkan albumnya di puncak No 1 Billboard 200 Amerika dan melampaui rekor The Beatles dengan tujuh single hits No 1 di tangga lagu Amerika, di antaranya "I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)", "So Emotional", dan "Didn’t We Almost Have It All".

6. Antara Cinta dan Karier
Whitney Houston dan Eddie Murphy sempat menjalin asmara tetapi kandas (Credit: Ron Galella/WireImage)
Whitney Houston dan Eddie Murphy sempat menjalin asmara tetapi kandas (Credit: Ron Galella/WireImage)

Walaupun sibuk dengan jadwal panggung dan tur, Whitney tetap berusaha menemukan cintanya, salah satunya adalah dengan aktor Eddie Murphy. Tetapi, karena terbentur masalah perbedaan karier, kisah tersebut kandas. Seperti yang diungkapkan oleh Whitney, "Because of my career and his career – I’m here and he’s there; I’m there and he’s here – it’s hard to establish a relationship." (karena karier saya dan kariernya. Saya di sini, dia di sana; saya di sana, dia di sini. Susah untuk membangun sebuah hubungan).

Terakhir, cinta Whitney berlabuh ke penyanyi Bobby Brown di mana mereka pertama kali bertemu di acara Soul Train Music Awards tahun 1989.

7. America’s Sweetheart
Whitney Houston tampil di Super Bowl XXV tahun 1991 (Credit: George Rose/Getty)
Whitney Houston tampil di Super Bowl XXV tahun 1991 (Credit: George Rose/Getty)

Ketika kerusuhan Persian Gulf War terjadi pada tahun 1991, Whitney berhasil menyatukan kembali Amerika dan membangkitkan kembali semangat kebangsaan dengan membawakan lagu kebangsaan Amerika "The Star-Spangled Banner" di Super Bowl XX. Penampilan tersebut dirilis dalam bentuk single dan video serta berhasil menempati top 20 di tangga lagu Billboard 100.

8. Menikah
Whitney Houston dan Bobby Brown menikah pada 18 July 1992 (Credit: AP)
Whitney Houston dan Bobby Brown menikah pada 18 Juli 1992 (Credit: AP)

Pada tanggal 18 Juli 1992 Whitney Houston menikah dengan Bobby Brown yang membuat para penggemarnya shock dan tidak terima karena Bobby Brown mempunyai reputasi buruk sebagai seorang bad boy. Tetapi, Whitney berkata, "You know, I was raised as a Christian, and my mother was very strict with me as far as boys were concerned."  (kamu tahu, saya dibesarkan sebagai seorang Kristen, dan ibu saya sangat ketat soal masalah laki-laki).

Untuk membela sang suami, Whitney juga mengatakan kepada media bahwa, "Bobby’s got a good heart and a good soul." Whitney berusaha membuktikan kepada dunia bahwa apa yang terlihat dari luar mengenai suaminya (reputasi buruk) dengan mengatakan bahwa Bobby merupakan orang yang baik dari dalam hatinya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com