Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Lagu Baru, Band Baru Ariyo Wahab ke London

Kompas.com - 09/05/2012, 13:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dengan para personel, Ariyo Wahab (vokal), Choky "Moco" Sitompul (gitar), Bey "Blue" (keyboard), Rival Himran (bas), Lilik Wishardianto (gitar), dan Robby Wibowo (drum), band rock n' roll Free On Saturday alias FOS akhirnya dipastikan akan berangkat mewakili Indonesia dalam Hard Rock Calling 2012 di Hyde Park, London (Inggris).

FOS mengalahkan 12 ribu band lainnya dari seluruh dunia. "Terima kasih, kami tidak akan bisa begini tanpa dukungan masyarakat Indonesia," ujar Ariyo ketika berbincang dengan Kompas.com di Jakarta.

FOS mewakili Hard Rock Cafe (HRC) Jakarta. Sementara itu, tempat kedua diduduki oleh Brass Wires Orchestra dari HRC Lisbon dan tempat pertama oleh HEY MONEA! dari HRC Cleveland. Band-band ini dipastikan tampil di Hyde Park, London, pada 13-15 Juli 2012, dengan sejumlah band besar dunia.

"Proses ini melalui voting. Kami masuk babak 12 besar, kemudian diadu lagi. Dua belas besar itu dibagi tiga, masing-masing empat band dan diadu lagi. Dari situ diumumkan FOS, Snicker, Pain Killers menang mewakili Jakarta. Sementara itu, perwakilan dari Bali, Superman is Dead (SID). Babak selanjutnya global, seluruh dunia bisa vote, dan FOS masuk urutan ketiga voting global," papar Ariyo.

Sebetulnya SID memperoleh suara terbanyak dalam voting via Facebook HRC, yakni lebih dari 10 ribu. Namun, aturan baru mengharuskan juri memilih 10 band dengan perolehan suara terbanyak dan menentukan tiga terbaik. Di tangan juri, SID tersingkir.

Menurut Ariyo, lagu "Gimme Some Good" milik FOS berperan sebagai penentu kemenangan mereka atas SID. "FOS baru banget, belum banyak yang tahu. Kami bikin tim sukses dan dapat vote yang lumayan, masuk 10 besar dari 86 band. Kami waktu lolos voting pertama bawain 'Abnormal'. Tapi, untuk voting kedua, yang jurinya internasional dan di-vote secara global, kami buat lagu sendiri, judulnya 'Gimme Some Good'. Kami tahu jurinya seperti apa, jadi untuk 'Gimme Some Good' itu semua benar-benar di-balance, mulai dari gitar, bas, drum, karena kriteria penilaian yang bagus dari situ," terang Ariyo.

Dengan membaca karakter juri, Ariyo bersama rekan-rekan FOS-nya menyiapkan "Gimme Some Good" sebagai senjata rahasia hanya dalam seminggu. "Lagu baru itu hanya kami buat satu minggu sebelum persiapan dari pemenang Jakarta. Tapi, senangnya, kami buat karya yang baru dengan hati yang enak. Itu prestasi yang sangat 'gila'," cerita Ariyo.

Ajang musik bergengsi ini digagas oleh Hard Rock Cafe Internasional untuk digelar setiap tahun. Tahun lalu, Gugun Blues Shelter mewakili Indonesia sekaligus pemenang dari seluruh dunia. Di panggung Hyde Park, Gugun Blues Shelter tampil bersama artis-artis musik besar seperti Rod Stewart, Bon Jovi, dan The Killers. Untuk tahun ini, FOS dan para pemenang lainnya dipastikan akan mendapat fasilitas setingkat bintang rock dunia, yakni penerbangan internasional, hotel bintang lima di London, serta layanan VIP selama tiga hari berada di ajang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com