Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Jaya Siap Amankan Konser Lady Gaga

Kompas.com - 22/05/2012, 04:27 WIB

Jakarta, kompas - Polda Metro Jaya memastikan siap mengamankan konser Lady Gaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dengan catatan jika Mabes Polri memerintahkan untuk itu. ”Polda Metro Jaya adalah subsistem dari Mabes Polri. Tentu kami akan tunduk pada perintah Mabes Polri,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Senin (21/5) siang.

Ia mengungkapkan, saat ini Mabes Polri masih melakukan pengkajian atas permohonan izin konser Lady Gaga. Polda Metro sendiri sampai saat ini tidak memberikan rekomendasi. ”Jika Mabes Polri memberikan izin dan memerintahkan Polda untuk tugas pengamanannya, kami siap melaksanakan. Kami profesional saja,” katanya.

Rikwanto menjelaskan, dalam proses perizinan sebuah kegiatan pertunjukan, rekomendasi Polda Metro memang hanya salah satu syarat yang harus dipenuhi penyelenggara. Untuk memberikan rekomendasi, Polda juga harus melihat kelengkapan persyaratan lain dari pemohon. Saat permohonan diajukan 4 Mei 2012, penyelenggara belum melengkapi visa dan izin kerja dari Imigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Selain melihat kelengkapan itu, lanjutnya, Polda juga mempertimbangkan potensi kerawanan kamtibmas. Untuk konser Lady Gaga, ada pengkristalan antara yang pro dan kontra atas rencana pertunjukan itu. Baru belakangan terlihat ada keseriusan penyelenggara untuk menampilkan konser Lady Gaga sesuai norma dan estetika Indonesia.

”Sekarang kita tunggu saja hasil pengkajian Mabes Polri. Kalau izin dikeluarkan, kami akan mempersiapkan dan siap melakukan pengamanan. Tanggung jawab kami memang menjaga kamtibmas,” kata Rikwanto. (RTS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com