Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyanyian Jason Mraz untuk HUT ke-485 Jakarta

Kompas.com - 23/06/2012, 11:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ulang tahun ke-495 DKI Jakarta semakin lengkap dengan nyanyian merdu dari vokalis asal Mechanicsville, Virginia, Amerika Serikat, Jason Mraz. Di atas panggung Lapangan D Senayan, Jakarta, Jumat (22/6/2012) malam, peraih Grammy Award 2010 kategori Best Male Pop Vocal Performance itu tiba-tiba bersenandung dengan lirik, 'Selamat ulang tahun yang ke-485'.

Entah apa judul lagu itu, namun Mraz sukses membuat penontonnya bertepuk tangan meriah sebelum nyanyian untuk ulang tahun Jakarta itu menjadi pengantar intro lagu "Only Human" di urutan ketiga repertoar konser Tour Is A Four Letter Word yang dimulai sejak pukul 20.16 WIB.

Riuh rendah sambutan penonton konser Mraz tak hanya meledak di lagu tersebut. Sejak awal pertunjukan, Mraz yang tampil kasual dengan t-shirt hitam charcoal, topi fedora jerami dan jeans langsung menyapa kira-kira 6.000 penyuka musiknya.

"Selamat malam Indonesia," sapa Mraz dalam Bahasa Indonesia sambil menimang gitar akustiknya di lagu "Everything Is Sound" yang kemudian beralih ke lagu "Freedom".

Mraz yang tampil bersama --Michael "Leroy" Bram (drum), Bruce Hughes (bas), Carlos Sosa (saxophone), Fernando "Fernie" Castillo (terompet), Reggie Warkins (trombone), Eric Hinojosa (keyboard), dan Merritt Lear (vokalis latar, biola, dan mandolin)-- band pengiringnya membuat larut penonton dengan lagu "Be Honest", dan "Lucky".

Untuk single "Lucky" --yand dalam versi aslinya Mraz berduet dengan vokalis AS, Cobie Caillat (versi Inggris), dan vokalis berdarah Meksiko, Ximena Sarinana (versi Latin)-- di Jakarta, Lear dipilih untuk menjadi rekan duet Mraz sebelum "Make It Mine" menggelinding setelahnya.  Mraz lantas sedikit berinteraksi dengan penonton wanita yang memenuhi barisan paling depan.

"Terima kasih sudah bernyanyi bersama kami malam ini. Bagaimana dengan (penonton) yang di belakang? Kamu tahu perempuan itu cukup sensitif mendengar suara yang bebas di udara, saya akan menurunkan frekuensinya. Tapi terkadang perempuan bisa menggila dan melupakan kehebatannya. Tapi untuk kalian sahabatku (yang lelaki) lagu berikutnya akan membuat kalian selalu mengingat wanita yang kalian cintai, 'Woman I Love'," kata Mraz.

Lagu berikutnya Mraz memilih "A Beautiful Mess", "Aint No Sunshine" (dipopulerkan oleh Bill Withers), dan "Unfold" sebelum kejutan lainnya membuat penonton histeris. "Saya suka suara kalian, kalau sepi justru aneh. Coba dengar nyanyian saya 'Di sini senang di sana senang'," kata Mraz sambil melagukan "Di Sini Senang Di Sana Senang" karya Ibu Sud sebagai intro lagu "You and I Both" yang disajikannya secara akustik tanpa band pengiringnya.

Setelah 'I'm Coming Over' menjadi lagu berikutnya, giliran Mraz yang lahir pada 23 Juni 1977 yang mendapat kejutan. Penonton tiba-tiba kompak menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun untuknya. "Saya mengira di ulang tahunku aku akan merasa sedih. Jadi lebih baik menyanyikan sweet music, dan meninggalkan kesedihan," ujar Mraz.

"Kalian bersamaku malam ini? Saya ingin mengajak kalian ke luar angkasa, melihat planet saling berkejaran di lintasan jutaan cahaya, mari nikmati lagu yang satu ini," lanjutnya membuka lagu "Living In The Moment". Setelahnya, mengalunlah lagu-lagu "Frank D. Fixer", "Remedy", "Mr. Curiousity", "Butterfly", hingga "I'm Yours" lalu dituntaskan dengan lagu "Bella Luna", "93 Million Miles", dan "I Won't Give Up".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com