Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADA Band Tinggalkan Piano

Kompas.com - 26/07/2012, 10:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tentu Anda masih ingat lagu "Manja" milik ADA Band, yang populer pada 2002. Intro musik lagu tersebut kental permainan keyboard. Namun, untuk album mutakhir mereka, Empati (2012), grup yang kini beranggota Donnie Sibarani (vokal), Suriandika Satjadibrata atau Dika (bas), Marshal Surya Rachman (gitar), dan Adhy Pratama (drum) itu meninggalkan permainan piano yang telah menjadi bagian penting dari musik mereka.

"Album Empati ini sudah enggak ada sound piano, jadi lebih dominan di bunyi gitar," jelas Dika dalam wawancara di sela acara buka puasa bersama label rekaman Universal Music Indonesia di Poste Kitchen+Bar, The East Building Lobby Level, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2012).

Dengan meninggalkan bunyi piano, ADA Band menitikberatkan variasi musik mereka pada permainan gitar rhythm oleh Marshal. "Jadi, artinya, dari segi rhythm lebih berwarna lagi," jelas Dika lagi.

Musik ADA Band pun menjadi kaya dengan berbagai genre pada 12 lagu yang ada dalam album tersebut. "Seperti di single 'Maunya Kamu', ada unsur reggae, R&B, sampai rock, ada semua," terang Dika.

Selain itu, Adhi, yang semula menempati posisi additional player untuk drum akhirnya dijadikan personel tetap ADA Band. "Terakhir kan waktu kami manggung di Kompas.com Music Corner (2010), yang di Roof Top, Plaza Semanggi (Jakarta), Adhi masih jadi additional. Nah, sekarang dia sudah jadi member tetap ADA Band. Dia diangkat pas peluncuran album Empati akhir 2011 kemarin," terang Dika lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com