Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nicky Astria Kembali Sesudah Tujuh Tahun

Kompas.com - 02/10/2012, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tujuh tahun lebih "berdiam", sang lady rocker Nicky Astria menyadari musik kembali memanggilnya. Album baru dia, Retrospective, menjadi pembuktian rocker berusia 45 tahun ini. Nicky belum habis, dia menunjukkan motivasi dan kematangannya.

Berawal dari motivasi banyak rekan, hingga Nicky "tersengat" saat mendapati pertanyaan apakah ia masih ingin menyanyi? Ia sadar, lama tak memikirkan album, membuatnya kangen. Namun, ia ingin musik yang positif sekaligus tanpa beban. "Saya kangen menyanyi, tapi tidak tahu apa yang dikejar. Saya mungkin ’pemalas’ (memikirkan album baru), tapi motivasi dari para senior membuat saya nyaman," ujarnya saat peluncuran albumnya di Jakarta, Senin (1/10/2012).

Maka, jadilah album itu. Ini album ke-18 baginya. Buat Nicky, Retrospective adalah buah perenungannya atas perjalanan karier selama lebih dari dua dekade. "Saya banyak memakai rasa di album ini, mencoba menjiwai apa yang saya nyanyikan dan tak ada beban," ucapnya.

Ada 16 lagu dalam Retrospective, tiga di antaranya lagu baru, antara lain "Carry On (Terus Melangkah)". Sementara lagu lama Nicky dengan aransemen baru antara lain "Bias Sinar" dan "Cinta di Kota Tua". Selain CD, album itu juga menyertakan keping DVD berisi video clip "Carry On".

Suara Nicky boleh jadi tak semelengking dulu. Namun, nada-nada tinggi masih bisa digapainya. Seiring usia, ia lebih melihat pada seberapa bisa dirinya menjiwai lagu yang dinyanyikan. (PRA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com